Alam & TamanBukitGunungQuality Time

3 Tempat Camping Keluarga ala Backpacker di Kota Bandung

Wah gimana tuh? Biasanya jika bersama keluarga selain barang bawaan yang cukup banyak, budget-nya pasti lumayan kan. Nah di Bandung ada beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan tempat camping keluarga ala-ala backpacker gitu. So, kuy baca deskripsi singkatnya di bawah ini.

GUNUNG PUTRI LEMBANG

Gunung? Serius? Bawa Keluarga nih? Yakin bisa?

Pasti bisa guys, 3 hingga 4 tahun terakhir ini Gunung Putri Lembang sudah cukup dikenal para wisatawan lokal maupun mancanegara, warga masyarakat setempat lebih mengenal dengan nama “Geger Bintang”. Jarak dari Stasiun Kota Bandung atau Kiara Condong serta terminal Leuwi Panjang maupun keluar tol Cimahi, Pasteur dan Kopo tidak terlalu jauh. Kira – kira menghabiskan waktu sekitar 1, 5 jam perjalanan.

Jika dari stasiun Bandung tentunya lebih dekat. Teman – teman bisa dengan mudah mencari alamatnya di maps dengan keyword “Gunung Putri Lembang” yang alamat lengkapnya di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Ketinggian Gunung Putri Lembang sekitar 1587 mdpl. Beragam usia bisa menempuh tempat ini. Banyak lho adik-adik di bawah usia 10 tahun hingga lanjut usia yang berkunjung kesini hanya untuk seharian atau ber-camping. Karena sebagus itu view yang ada Gunung Putri Lembang ditambah lagi dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau.

Jika hanya berkunjung, teman-teman akan dikenakan tiket sekitar Rp.7.500,00 / orang. Jika berkemah, maka harga tiket yang dikenakan menjadi sekitar Rp. 17.500,00 / orang / malam. Nah untuk alat-alatnya , kita perlu persiapkan sendiri guys, tapi jangan kecewa karena disini fasilitasnya lengkap sekali, ada Mushola, warung, area parkir hingga toilet yang cukup bersih. Adapun jam buka Gunung Putri Lembang yaitu 24 Jam.

Di Gunung Putri Lembang, teman-teman akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit yang mengelilingi Kota Bandung. Yang pastinya tidak terlewatkan, kalian dapat juga melihat sunrise dan sunset. Selain itu, jika camping di Gunung Putri Lembang tentunya ada pemandangan citylight yang bisa kita nikmati dengan hawa yang cukup dingin berteman minuman dan makanan hangat bersama keluarga.

Oh iya, selain mendirikan tenda, teman-teman juga bisa memasang hammock untuk lebih menikmati suasana Gunung Putri Lembang, karena banyak sekali tanaman pohon Pinus.

Tempat Camping Keluarga
foto : arumsilviani.com

RANCA UPAS CIWIDEY

Destinasi ini tentu sudah tidak asing lagi untuk teman-teman BPJ yang pernah melihat Rusa-rusa di Ranca Upas lebih dekat. Selain itu, Ranca Upas mempunyai camping ground area yang cukup luas. Ranca Upas yang beralamat di  Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 terletak di area Bandung Selatan, jika keluar tol Kopo menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan jalanan yang meliuk-liuk.

Untuk masuk dan menginap di Ranca Upas, teman-teman akan dikenakan biaya sekitar  Rp.10.000,00 s/d 15.000,00  per orang. Nah jika tidak membawa perlengkapan tenda sendiri, teman-teman bisa menyewanya dengan kisaran harga Rp.200.000,00-Rp. 700.000,00 berdasarkan tipe atau kapasitas tenda. Untuk fasilitasnya pun terbilang lengkap, terutama jika teman-teman ingin membuat api unggun, beberapa warung di Ranca Upas menyediakannya.

Tempat Camping Keluarga
foto : ig @evitajude

View yang dihadirkan di ketinggian sekitar 1700 mdpl ini menyuguhkan hamparan rerumputan luas namun di kedua sisinya ada bukit yang terpisah seperti pemandangan di Ranu Kumbolo. So, teman-teman tak perlu lagi meragukan keindahannya ketika camping disini. Walaupun bukan di ketinggian bukit yang berhadapan langsung dengan kota, namun langit malamnya dihiasi bintang-bintang yang biasa orang sebut “Milky Way”

PUNCAK BINTANG BUKIT MOKO

Jika di utara ada Gunung Lembang dan di selatan Bandung ada Ranca Upas, sekarang agak mengarah ke timur. Letaknya tidak jauh dari kota Bandung, yaitu Bukit Moko yang beralamat di Cimenyan, Kabupatèn Bandung, Jawa Kulon 4019.

Untuk menuju kesini menghabiskan waktu sekitar 1.5 jam dari stasiun kereta api Bandung dan Kiaracondong maupun keluar tol. Yup lama memang, karena perjalananya melewati kota Bandung yang lalu lintasnya cukup padat. Oh iya, dalam perjalanan menuju Bukit Moko ketika melalui area perumahan masyarakat jalanannya cukup berkelok-kelok dan menikuk tajam, jadi harap berhati-hati ya terutama untuk pengendara motor.

Eitss, tapi jangan khawatir, pemandangan yang disuguhkan Bukit Moko tentu menjadi kepuasan tersendiri. Karena menyuguhkan view kota Bandung dari sisi timur dan selatan yang bisa dinikmati bersama keluarga tentunya. Ketinggian yang kira-kira mencapai 1417 mdpl ini memiliki area yang cukup datar, sehingga cukup memudahkan kita dalam membangun tenda.

Tempat Camping Keluarga
foto : ayobandung.com

Harga tiket yang dikenakan hanya sebesar Rp. 25.000/ orang untuk bermalam, sedangkan jika hanya seharian saja sebesar Rp. 15.000,00 / orang. Bukit Moko memiliki jam operasional pukul 08.00-19.00 WIB. Karena areanya yang dekat dengan pemukiman warga, di Bukit Moko teman-teman bisa melihat ladang yang ditumbuhi berbagai tanaman baik sayuran maupun bunga.

Disamping itu, Bukit Moko mempunyai spot tersendiri untuk melihat sunrise. Letaknya tidak jauh dari area camping ground, yaitu bernama Patahan Lembang.

Nah itu tadi guys, untuk teman – teman yang sudah berkeluarga namun ingin liburan dengan sensasi alam ala backpacker di wilayah Bandung, patut dicoba!! :D . Rasa sejuk dan nyamannya tidak jauh beda seperti di gunung. :)

Editor : @rizkyamalia
Tags

Afra Zahara

Jalan kemanapun sambil mengamati dengan apik, jadi banyak cita - cita. Doakan ya!

Related Articles

1 thought on “3 Tempat Camping Keluarga ala Backpacker di Kota Bandung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close