City Tour & Landmark

Tebing Sawai, Salah Satu Tebing Terindah Yang Ada Di Maluku Tengah

Tebing Sawai adalah sebuah lokasi yang terletak di antara Kampung Sawai dan Pantai Ora yang terkenal. Sesuai namanya, Tebing berukuran sangat besar ini terbentang luas dan menjadi obyek panorama yang sangat indah. Tebing sawai sendiri sudah menjadi magnet bagi para wisatawan hingga kalangan pencinta olahraga panjat tebing, karena dianggap sebagai salah satu tebing yang menantang.

Pada dasarnya, Tebing Sawai adalah tebing batu yang terbentuk karena erosi laut selama ribuan tahun. Kondisi Tebing ini sangat indah, kecuali beberapa coretan di dinding tebing yang dibuat oleh oknum-oknum wisatawan tidak bertanggung jawab. Bila dilihat dari kejauhan, tebing ini sangat mirip dengan lukisan-lukisan panorama lautan khas Cina.

Tebing Sawai sudah lama menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi Seram utara, khususnya desa Sawai atau Ora Beach Resort. Tebing Sawai tidak hanya dapat dinikmati panoramanya, namun di kaki tebing ini kami dapat snorkeling atau menjelajah ke satu gua yang terdapat di pinggiran tebing. Selain itu, sebuah gazebo buatan warga sekitar pun dibuat di perairan kaki tebing untuk sekedar beristirahat atau bahkan makan siang sambil menikmati indahnya lautan di pinggir tebing.

Arus air laut di Tebing Sawai cukup aman, walaupun ombaknya lumayan deras. Wisatawan biasanya melakukan snorkeling di sekitar kaki tebing yang memiliki pasir putih dan halus. Ikan-ikan di perairan ini berukuran kecil namun cukup banyak macamnya. Memang untuk terumbu karang tidak terlalu menarik, tetapi kaki Tebing Sawai menyimpan pesona yang cukup indah untuk dinikmati. Bila air surut, Gua di tebing ini cukup menantang untuk dijelajahi. Menurut penduduk setempat, gua ini memiliki sarang walet yang banyak.

Untuk mencapai Kampung Sawai dapat menggunakan dua cara, pertama dari Masohi dengan rute melalui pegunungan yang terkenal dengan lekukan SS bisa ditempuh dengan waktu 4 jam, atau bisa mengambil rute Masohi-Dusun Saka sekitar 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan longboat sekitar 30 menit untuk mencapai Sawai.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close