Home / Blog / Seni & Budaya / Tari Malemang, Tariat Adat Kepulauan Riau

Tari Malemang, Tariat Adat Kepulauan Riau

Tari Malemang adalah sebuah tariat adat yang Berasal dari Tanjungpisau Kab. Bintan Kepulauan Riau. Tari Malemang memadukan memadukan unsur tari, musik, dan menyanyi sehingga jika ditampilkan akan menampilkan sebuah pertunjukan seni yang indah.

foto : tempolagu.blogspot

Tari Malemang sendiri mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di bintan pada dahulu kala dan merupakan sebuha tarian adat yang biasa ditampilkan saat acara tertentu. Tari Malemang dipentaskan oleh 14 orang yg masing2 memainkan peran sesuai legenda kerajaan. Tari Malemang memiliki arti berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang. Itulah gelarakan yang sering ditampilkan saat penari menampilan Tari Malemang.

foto : rahayuandira456.blogspot

Yang menjadi daya tarik khusus dari pertunjukan tari Melemang yakni gerakannya. Dengan posisi berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang , penari berusaha mengambil sapu tangan yang diletakkan di permukaan lantai . Melalui kepiawaian dan keterampilan.

Biasanya , pemain wanita pada pertunjukan tari Melemang mengenakan baju kurung panjang Sebagai atasan dan kain atau sarung panjang sebagai bawahan . Sementara pemain lelaki mengenakan baju kurung panjang Sebagai atasan dan celana panjang Sebagai bawahan . Para pemain Melemang mengenakan Kostum dan tata rias bergaya Melayu yang sangat kental namun sesuai dengan perannya .

sumber : Google.com

Noted : Dalam Acara Pesona indonesia yang diselenggarakan oleh backpacker Jakarta 2017, Riau & Kepulauan riau menjadi daerah yang akan diusung oleh Group BPJ #18.

 

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Kampung Terapung Suku Bajo, Kabupaten Wakatobi

Suku Bajo/Bajau merupakan suku laut, yang menggantungkan hidupnya dari laut dan memiliki kehidupan yang tak …