BlogSeni & Budaya

Berpacu Dalam Tradisi!! Pacu Jalur Kuantan Singingi – Riau

Pacu Jalur Kuantan Singingi menjadi tradisi masyarakat Riau yang harus dijaga terus. Tradisi ini memang merupakan salah satu kebiasaan adat yang sudah terjaga selama ratusan tahun. Terlebih tradisi ini tidak kalah uniknya jika dibandingkan dengan festival perahu naga yang merupakan kebiasaan masyarakat Tionghoa.

Pacu Jalur Kuantan Singingi merupakan kegiatan pesta rakyat yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Kuantan Singing di Provinsi Riau. Pesta rakyat ini pun dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Kuantan Singing. Pelaksanaan Pacu Jalur di Kuantan Singingi pun terasa semakin meriah karena dilakukan bersamaan dengan perayaan hari kemerdekaan.

Foto by TripRiau

Pelaksaan Pacu Jalur Kuantan Singingi ini memang tidak dilakukan tepat pada tanggal 17 Agustus. Biasanya, acara pesta rakyat ini dilaksanakan pada rentang antara tanggal 23 hingga 26 Agustus. Acara ini pun tidak hanya meriah, tapi juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi karena telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi.

Menurut sejarah yang diceritakan secara turun temurun, Pacu Jalur Kuantan ingingin ini telah dilaksanakan oleh masyarakat Kuantan Singingi sejak abad 17. Terlebih pada saat itu Sungai Kuantan merupakan sungai yang menjadi jalur transportasi penting. Menghubungkan warga desa Rantau Kuantan yang lokasinya berada di antara Kecamatan Hulu Kuantan dan Kecamatan Cementi.

Foto by TripRiau

Saat itu, perahu yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama jalur, merupakan alat transportasi utama. Terutama karena kondisi transportasi darat yang tidak memungkinkan. Jalur pun dipakai untuk angkutan barang dan manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, jalur yang digunakan pun mulai dihias dengan ukiran yang indah. Mulai dari ukiran kepala naga, harimau buaya dan lain-lain.

deretan jalur yang siap berpacu dalam lomba Pacu Jalur Taluk Kuantan

Lama-kelamaan, jalur pun bukan hanya berkembang sebagai alat transportasi. Oleh masyarakat Kuantan Singingi, jalur sudah dianggap sebagai salah satu identitas sosial. Mereka yang menggunakan jalur berhias pun adalah orang-orang tertentu, seperti para bangsawan, penguasa wilayah ataupun para datuk.

Cukup lama berselang, masyarakat Kuantan Singingi pun mulai melakukan lomba adu kecepatan jalur yang mereka sebut dengan nama Pacu Jalur. Pada awalnya, Pacu Jalur Kuantan Singingi ini dilaksanakan hanya pada saat perayaah hari besar Islam. Namun saat ini hal tersebut pun berubah, dilakukan pada perayaan kemerdekaan RI.

Lomba Pacu Jalur yang dilaksanakan setiap tahun dilakukan dengan sangat meriah. Bahkan terdapat standar pembuatan jalur yang telah ditetapkan. Selain itu, para peserta yang ikut dalam perlombaan Pacu Jalur Kuantan Singingi ini pun harus melewati perjuangan yang gigih. Terlebih setiap tahunnya acara lomba ini dimeriahkan oleh banyak peserta lomba.

Foto by BenarNews

Tidak hanya menarik perhatian para peserta lomba, Pacu Jalur Kuantan Singingi ini menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Festival Pacu Jalur yang dilaksanakan setiap perayaan Agustusan ini dianggap sebagai salah satu bentuk wisata budaya yang menarik di Riau. Tak hanya bisa menyaksikan perlombaan jalur dengan hiasan yang menarik, di sini para wisatawan pun bisa menyaksikan pertunjukan budaya lain. Termasuk di antaranya adalah pementasan lagu daerah serta kesenian tradisional lain.

Buat kamu yang ingin langsung melihat tradisi Pacu Jalur, langsung aja berkunjung ke Riau. untuk tahun ini diadakan pada bulan agustus 2017.

Tags
Show More

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *