City Tour & LandmarkSeni & Budaya

Inilah Bentuk Asli Rumah Adat Khas Banjar

Suku Banjar adalah suku bangsa yang menempati wilayah Kalimantan Selatan, serta sebagian Kalimantan Tengah dan sebagian Kalimantan Timur. Populasi Suku Banjar dengan jumlah besar juga dapat ditemui di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Semenanjung Malaysia karena migrasi Orang Banjar pada abad ke-19 ke Kepulauan Melayu.

Kantor walikota Banjarmasin (foto : commons.wikimedia.org)

Berdasarkan sensus penduduk 2010 orang Banjar berjumlah 4,1 juta jiwa. Sekitar 2,7 juta orang Banjar tinggal di Kalimantan Selatan dan 1 juta orang Banjar tinggal di wilayah Kalimantan lainnya serta 500 ribu orang Banjar lainnya tinggal di luar Kalimantan.

Kesenian Banjar (foto : IndonesiaKaya.com)

Suku bangsa Banjar berasal dari daerah Banjar yang merupakan pembauran masyarakat beberapa daerah aliran sungai yaitu DAS Bahan, DAS Barito, DAS Martapura dan DAS Tabanio. Dari daerah pusat budayanya ini suku Banjar sejak berabad-abad yang lalu bergerak secara meluas melakukan migrasi secara sentrifugal atau secara lompat katak ke berbagai daerah di Nusantara hingga ke Madagaskar (wikipedia).

Nah kali ini saya tidak akan membahas tentang suku Banjar karena kalian bis amelihatnya di wikipedia. Kali ini saya ingin mengulas mengenai Rumah Adat Khas Banjar atau lebi tepatnya rumah adat Kalimantan Selatan yang sangat unik dan bersejarah.

Rumah Adat Khas Banjar (foto : Kamera Budaya)

Rumah Adat Khas Banjar bisa kalian jumpai dikawasan Cagar Budaya Teluk Selong yang berada di Desa Telok Selong Kabupaten Banjar. Nah disini ada Rumah Adat Khas Banjar yang usianya diyakini sudah 150 tahun dan masih tetap dihuni oleh pemilik aslinya hingga sekarang. Ada Dua buah jenis rumah adat Banjar di cagar Budaya Teluk Selong yaitu rumah adat Gajah Baliku dan Bumbungan Tinggi.

Bagian Dalam dengan Design dan ornamen khas Banjar (foto : www.indonesiakaya.com)
Kamar Utama (foto : www.indonesiakaya.com)

Rumah Adat Khas Banjar yang menggunakan atap Bubungan Tinggi disebut Rumah Bubungan Tinggi. Rumah Adat Khas Banjar yang satu ini disebut sebagai rumah adat paling mewah dan mahal karena hanya dijadikan sebagai kediaman para raja. Rumah Bubungan Tinggi inilah yang hingga kini menjadi ikon rumah tradisional atau rumah adat khas Banjar atau kalimantan Selatan.

Rumah Adat Banjar bentyuk Gajah Baiku (foto : www.indonesiakaya.com)

Buat temen-temen yang ingin melihat langsung Rumah Adat Khas Banjar, kalian bisa langsung datang ke kawasan Cagar Budaya Teluk Selong, Kabupaten Banjar atau sekitar 4 km dari arah timur pusat Kota Banjarmasin. Dari kota Banjarmasin kita menuju kota Martapura lalu tanyakan kepada warga disana lokasi Desa Teluk Kelong dan sampai ke kawasan cagar budaya Teluk Selong.

 

Refrensi : Gallery Indonesia Kaya

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *