Alam & TamanCity Tour & Landmark

Taman Kambang Iwak, Taman Kota Palembang

Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Taman yang awalnya dibangun untuk orang keturunan Belanda sebagai tampat olahraga ini, memiliki danau di bagian tengahnya.

taman-kambang-iwak-sumatera-selatan
foto : ksmtour

Taman Kambang Iwak berlokasi di antara Jalan Tasik dan Jalan Sutomo, Kota Palembang. Taman yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terus diperbarui. Fasilitas tersebut antara lain seperti, taman bermain anak, tempat duduk, keran air yang bisa langsung diminum, hingga fasilitas hotspot gratis bagi mereka yang ingin mengakses internet sambil bersantai menikmati taman yang rindang.

Kambang-IWak_Palembang-1
foto : infopalembang

Sejarah mencatat, dahulu taman ini dibuat seiring dengan adanya rencana dari Residen (walikota) Palembang saat itu yang ingin menjadikan Palembang sebagai Kota Taman. Oleh sebab itu, sekitar tahun 1900-an kawasan Talang Semut dibuat seasri mungkin dengan ditanami pohon-pohon besar yang rindang. Kemudian dibuat pula sebuah taman sebagai tempat berkumpul dan rekreasi warga Belanda yang bermukim di Palembang. Taman yang dibuat tahun 1900-an itulah yang kemudian menjadi Taman Wisata Kambang Iwak yang dikenal saat ini.

taman-kambang-iwak-palembang
foto : pergiberwisata

Pada malam hari, Taman Kambang Iwak menawarkan pemandangan indah dengan adanya air pancur di tengah danau, apalagi sorotan lampu membuat air pancur tersebut terlihat lebih eksotis.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *