City Tour & LandmarkSeputar Travelling

Mota Ain Perbatasan di Timor Indonesia yang menjadi objek Wisata

Mota Ain adalah salah stau kawasan perbatasan Negara Indonesia dengan Negara tetangga yakni Timor Leste. Mota Ain yang baru saja diresmikan akhir Desember 2016 lalu oleh presiden Joko Widodo ini memang mengalami perubahan yang sangat mengejutkan. Pasalnya perbatasan Mota Ain ini dulunya sangat memprihatinkan mengingat hanya sebatas pos perbatasan biasa.

foto: batasnegeri

Tak heran jika setelah melalui renovasi dan perbaikan kini Mota Ain berubah menjadi tak hanya sekedar perbatasan negara saja namun juga menjadi objek wisata baru bagi masyarakat dikedua negara tersebut.  Arsitektur bangunan perbatasan ini diadaptasi dari budaya yang ada pada masyarakat Belu, Timor Barat, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

foto : mediaindonesia.com
foto : suara.com

Pos Lintas Batas Negara Mota’ain sendiri memiliki luas sekitar 8.3 hektar dan berada di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur Indonesia. Jika dari kota Kupang ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur bisa ditempuh dalam waktu sekitar 7-8 jam atau jika dari kota Atambua salah stau kota terbesar kedua setelah Kupang hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit saja. Hal ini terkait perbaikan jalan yang semakin bagus dan penerangan yang ada juga cukup memadai.

foto : mojourneyphoto
foto : mojourneyphoto
foto : mojourneyphoto

Kini Indonesia patut berbangga mengingat hampir semua perbatasan dinegara ini disulap menjadi sebuah kawasan yang tak hanya sekedar perbatasan saja namun juga menjadi kawasan wisata baru bagi masyarakata digarda terdepan bangsa.

 

Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *