Kuliner

Legitnya Kuliner Lapa-Lapa Khas Sulawesi Tenggara

Pernah merayakan lebaran di Sulawesi Tenggara? Pasti kamu tau yang namanya kuliner Lapa-lapa yaa. Lapa-lapa memang menjadi menu utama saat perayaan lebaran di Sulawesi Tenggara dan sekitarnya. Kuliner ini sepintas mirip Lepet/Lepat di Jawa.

lapa-lapa (foto : tina-tinu-wisata)
lapa-lapa (foto : tina-tinu-wisata)

Lapa-lapa terbuat dari beras ketan putih, atau bisa juga ketan hitam, yang dimasak setengah matang bersama santan kelapa. Kemudia dibungkus memanjang dengan lilitan daun kelapa muda dan tali. Lapa-lapa dikukus sampai matang. Rasanya yang legit dan gurih sangat nikmat disajikan bersama dengan ikan asin dan sambal kaluku yang terbuat dari kelapa parut.

lapa-lapa (foto : cendana news)
lapa-lapa (foto : cendana news)

Ingin mencicipi lapa-lapa tapi nunggu lebaran masih lama? Jangan khawatir, Sobat! Walaupun bukan hari raya, kita masih dapat menemui penjual Lapa-lapa di pasar tradisional maupun toko penjual jajanan. Kalau kamu belum punya kesempatan untuk ke Sulawesi Tenggara, tidak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

2 thoughts on “Legitnya Kuliner Lapa-Lapa Khas Sulawesi Tenggara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *