Home / Blog / Air Terjun / Sumber Mata Air dari Rumah Semut itu bernama Tuti Adagai

Sumber Mata Air dari Rumah Semut itu bernama Tuti Adagai

Pernahkah terbersit di benak teman-teman ada sebuah rumah semut yang menyemburkan air sampai ke langit? Kalau dikisahkan mungkin cerita itu akan masuk ke dogeng 1001 malam nya Abunawas. Tapi tidak demikian di negeri kita yang kaya akan wisata alamnya yang asri dan alami ini.

Jika kalian berkunjung ke Pulau Alor, sempatkanlah mampir ke Alor Timur Laut. Disana, kalian akan bertemu dengan Tuti Adagai. Ia bukanlah seorang pedagang kerajinan ataupun seorang kepala suku. Tuti Adagai merupakan sumber mata air panas yang terletak di kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor. Ia menyemburkan airnya dengan indah layak nya air mancur yang keluar dari tumpukan batu kecil yang tertata dengan rapih seperti rumah semut yang menjulang tinggi ke langit.

sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com

Kawasan wisata ini berjarak sekitar 50 Km atau sekitar 1 jam perjalanan darat ke arah timur Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Kondisi jalan yang sangat baik membuat Mata Air Tuti Adagai dapat dijangkau siapa saja dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum memasuki lokasi semburan air panas, para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan hutan kenari dengan pepohonan yang teduh, cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Setelah itu kalian akan disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat yang masih hidup secara tradisional.

sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com

Sumber mata air ini sendiri berasal dari Kali Tuti Adagae yang mengalir dengan pelan menuju ke muara dengan selalu mengeluarkan gelembung dan busa serta uap panas. Nah, disini terdapat dua mata air.

Sumber yang pertama berupa gelembungan air yang keluar dari dasar bumi. Suaranya yang khas seperti motor gede alias moge seolah menyambut kedatangan para pengunjung. Kalau kalian berada disini, jangan coba-coba menyentuh airnya apalagi mandi di sana karena airnya sangat panas.

sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com

Sumber yang kedua, berjarak sekitar 50 meter dari titik pertama, terdapat air panas yang menyembur keluar dari tumpukan endapan batu-batu kecil yang mengeras dengan ketinggian lebih dari 1 meter di sekitar lubang. Tumpukan batu berwarna jingga yang sangat indah sering disebut seperti rumah semut. Di mata air kedua ini, air nya sangat bersahabat sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung dengan mandi untuk menghilangkan penat dan lelah setelah menempuh perjalanan jauh.

sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com
sumber foto: https://mtsnkalabahintt.wordpress.com

Karena mengandung belerang, warga percaya jika mandi di kali tersebut bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, lantaran selalu mengeluarkan uap panas, membuat batuan di sekitar aliran sungai menjadi mengkristal, dan kristal ini juga sering di pergunakan warga sebagai campuran bumbu, serta diyakini memiliki protein tinggi.

Penasaran kan dengan Mata Air Tuti Adagai? Yuk sempatkan waktumu untuk berkunjung kesini. Selamat jalan-jalan!

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

About Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Check Also

Menapaki Indahnya Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

Membahas tentang Pantai tentu akan mengarah pada laut. Tapi, taukah kamu Pantai Pasir Putih Parbaba …