Air Terjun

Curug Ngebul, Curug indah lainya yang ada di Cianjur

Cianjur memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Selalu saja ada objek wisata yang baru yang sayang banget untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Curug Ngebul. Air Terjun Ngebul atau yang biasa disebut Curug Ngebul ini kini menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata yang wajib dikunjungi terutama bagi para pecinta curug.

foto: @ali_habibi78

Curug Ngebul terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug Ngebul yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan air laut ini memang masih sangat alami. Terbukti dari jalur yang akan kita lewati masih tergolong hutan dan susah dilalui. Hanya ada beberapa jalur kecil yg bisa kita tempuh dengan berjalan kaki. Namun kini semakin populernya Curug Ngebul membuat pemerintah setempat mulai ikut terlibat dengan memperbaiki akses dan fasilitas dicurug ini.

foto : @arie_rahmt

Curug Ngebul memiliki ketinggian sekira 100 meter dan menjadikanya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Jawa khususnya Jawa Barat. Mungkin temen-temen penasaran mengapa namanya sangat unik yakni Curug Ngebul. Yap Ngebul sendiri bisa diartikan berasap (ngebul bahasa sunda). Konon dahulu ada putri yang mandi di curug ini dan airnya tiba-tiba ngebul (berasap).

foto : @enggar_shuninggar

Curug Ngebul memiliki pemandangan yang luar biasa. Selain debit airnya yang deras juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Dinding bebatuan dan tebing yang kokoh bisa terlihat disekitar Curug Ngebul. Hutan lebat yang hijau dan sejuknya udara disekitar Curug Ngebul membuat pengunjung yang datang kesini engga beranjak pergi. Tiket masuk curug ngebul yakni Rp 7.500,( tahun 2017). Oh ya Di sekitar curug Ngebul juga banyak tempat wisata lainya yang bisa dinikmati seperti Gua Peteng, bebatuan unik seperti Batu Kurung dan Talaga Wastu dll.

foto : @anang_nawansyah

Curug Ngebul sendiri berada sekira 72 Km dari pusat Kabupaten Cianjur. Jika berkendara menggunakan motor bisa ditempuh dalam waktu jam perjalanan. Oh ya Curug Ngebul bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Ambilah rute jalan raya Cianjur-Sukanagara dan Kemudian dilanjutkan dengan rute kearah Pagelaran.

foto : @sdverdana

Bila sudah sampai di Kampung Cipari Desa Sindnagkerta arahkan kendaran menuju Desa Bunijaya. Tanyalah lokasi curug ngebul atau arah ke Kampung Rawaroso. Kampung Rawaroso adalah desa terakhir sebelum kita tiba di Curug Ngebul. Dari kampung Rawaroso ini kita harus berjalan kaki lagi menyusuri jalan setapak sekitar 45 menit dan barulah tiba di Air Terjun yang indah ini.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *