Home / Blog / Goa / Sensasi Freediving di Goa Moko, Bau Bau

Sensasi Freediving di Goa Moko, Bau Bau

@jajang_dirajanagara

Mau cari tempat berenang seru? Kalian boleh coba Goa Moko yang Lokasinya berada pada bagian selatan Pantai Nirwana. Tepatnya di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jaraknya sekitar sembilan kilometer dari pusat kota Bau-Bau. Masyarakat kelurahan Sula menyebutnya Goa Moko yang konon pada masa lalu lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena tak pernah kering. Untuk menjangkau lokasi hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan menelusuri pantai ke arah selatan.

Tetapi jalanan bebatuan yang terjal membuat kalian harus extra hati-hati. Air yang ada di goa ini payau, namun di jamin dengan dinginnya air akan terasa segar untuk berenang.

@ajengkarinasari

Kedalaman Goa Moko yaitu 20 m. Goa ini juga menginspirasi logo salah satu komunitas freediving yang ada di Buton. Di dalam dasar Goa Moko terdapat benda-benda masa lalu berupa Guci dan Keramik China yang tidak kalah seru ada juga tengkorak manusia, namun sekarang keramiknya sudah tidak ada yang tertinggal hanyalah tengkoraknya saja. Jika kalian ingin melihat tentunya kalian harus freedive.

Ppc

Keunikan freedive di goa ini yaitu ketika ada cahaya matahari mulai ada tepat diatas Goa Moko maka cahaya matahari akan tembus ke bawah dan membentuk garis-garis. Jadi, jika kalian ingin mencoba sensasi freedive disini kalian harus datang sekitar pukul 11 pagi-13 siang. Setelah puas freediving kalian juga bisa mencoba rintangan ekstream dengan memanjat dinding goa lalu meloncat dari ketinggian 4m.

@xaverius_endro

Untuk memudahkan menjangkau lokasi Goa Moko, kini telah dibuka jalan masuk dari lokasi jalan umum dan dapat dilalui kendaraan. Jika ditelusuri, sepanjang kawasan Goa Moko menuju Pantai Nirwana terdapat terowongan memanjang dan dipenuhi sumber mata air payau. Anda penasaran? Silahkan kunjungi dan nikmati segarnya air dalam Goa Moko.

Sumber: galeriwisata

 

Check Also

8 Spot Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Saat Berlibur Di Nusa Penida

Nusa Penida. Pernah mendengar nama ini ? Jika belum, sepertinya kamu harus lebih banyak bergaul …