Air Terjun

Air Terjun Tama’lulua, Wisata Baru di Sulawesi Selatan

Air terjun Tama’lulua kini mejadi salah satu air terjun yang paling ngehits di Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan. Air Terjun Tama’lulua memang baru terekspose beberapa taun terakhir setelah beberapa selebgram mengunggah foto kerenya di Air Terjun Tama’lulua ke akun Instagram mereka.

foto : fadliadisadli

Air Terjun Tama’lulua sendiri terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Memang cukup jauh jika dari kota Makassar ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi masyarakat Jeneponto, Air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama Air terjun Bossolo.

foto: @saiffuul

Jarak tempuh menuju Air terjun Tama’lulua tidaklah mudah. Dari kota Makassar ke kota Jeneponto memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan darat. Rute menuju kabupaten Jeneponto adalah Makassar – Kabupaten Gowa – Takalar-barulah tiba di Jeneponto.

foto : @saiffuul

Dari kota Jeneponto kita akan bertemu dengan patung kuda besar, lalu ambil ke-kiri dan masuk ke Jalan Kelara. Dari jalan Kelara kamu memerlukan waktu kurang lebih sekitar 30 menit untuk sampai ke desa Rumbia. Desa Rumbia merupakan desa terakhir sebelum kita menuju Air Terjun Tama’lulua.

foto : endenkibrahim

Setelah tiba di Desa Rumbia, kita tinggal bertanya kepada warga setempat arah menuju Air Terjun Tama’lulua. Nanti kita akan melihat baner bertluliskan Air Terjun Tama’lulua. Biaya masuk Air Terjun Tama’lulua adalah Rp 5000 saja per pengunjung (2017). Oh ya, Untuk sampai ke Air Terjun Tama’lulua ini kita harus berjalan kaki lagi dari parkiran ke lokasi air terjun dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Tenang saja, kini jalur treking menuju Air Terjun Tama’lulua sudah diperbaiki dan cukup jelas jadi kalian tak perlu khawatir tersesat.

foto : hardiatinurdt

Lokasi Air Terjun Tama’lulua yang berada diperbukitan dengan hutan lebat dan jalur treking menanjak membuat kita seperti berada dialam bebas yang masih sangat alami. Bahkan dari kejauhanpun kita sudah bisa melihat dan mneyaksiskan sendiri betapa indahnya Air Terjun Tama’lulua dengan aliran airnya yang cukup deras. Tak jauh dari Air Terjun Tama’lulua, kita juga bisa melihat sebuah gua yang diberi nama Goa Bassolo.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *