Alam & TamanSeni & BudayaUncategorized

Situs Duplang, Situs Kuno di Kota Jember

Mengenal sejarah itu menyenangkan, sebab didukung dengan adanya berbagai peninggalan-peninggalan yang berwujud dalam bentuk benda atau bangunan kuno. Jember salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini memang dikenal dengan benda-benda bersejarah. Benda-benda purbakala merupakan saksi kunci bagaimana peradaban manusia zaman pra sejarah berlangsung. Agar  tahu lebih dekat tentang sejarah budaya lama, yuk kita ulik salah satu situs kuno di Jember yang dikenal dengan nama Situs Duplang.

 

 

 

Foto by : titik0km.com
Foto by : titik0km.com

Lokasi

Situs Duplang berlokasi di desa Kamal,yakni sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Argapura, kecamatan Arjasa, kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur.

Akses

Sekitar 16km dari alun-alun kota Jember, dengan kondisi infrastruktur jalan yang kurang bagus dan sempit. Dibutuhkan kehati-hatian dan konsentrasi berkendara yang optimal.

 

Sejarah Situs Duplang

Situs yang berada di atas areal sekitar 12Ha merupakan situs peninggalan pada zaman megalitikum. Berdasarkan info dari  pemelihara, di dalam situs yang berlokasi di ketinggian antara 270-290mdpl ini memiliki sekitar 69buah batu kenong, 6 buah dolmen, 2 buah batu menhir dan 1 lumpang batu dan kubur peti batu.

 

Lalu apa fungsi dari tiap batu purbakala tersebut?

 

Batu Kenong atau biasa disebut Watu kenong (bahasa jawa) merupakan batu yang digunakan untuk lokasi persembahan untuk arawah para leluhur.

 

Dolmen merupakan batu besar atau batu kubur dimana tiap sisinya ditopang engan beberapa batu yang kemudian ditutup engan batu pipih pada bagian atasnya.

 

Menhir merupakan batuan tegak sebagai benda pemujaan untuk roh dan arwah para leluhur.

foto by: rangkaiankata-novita.com
foto by: rangkaiankata-novita.com

Situs  Duplang muncul pada abad ke-10 setelah mahakarya tanpa tanding Candi Borobudur. Atau sekitar abad ke-4 Masehi situs ini mengenalkan kita bahwa pada masa lampau di desa ini terdapat kehidupan manusia purba yang berkembang hidup dengan cara berkelompok, menetap dan sudah paham betul tentang cara bercocok tanam dibuktikan dengan adanya peninggalan batu lumpang tersebut.

foto by: indonesiakaya.com
foto by: indonesiakaya.com

Situs-situs langka seperti ini perlu dikelola dan dijaga dengan baik. Butuh dukungan dari pemerintah agar benda-benda bersejarah dipelihara dan dilindungi. Mengingat banyaknya para pengrajin dan pecinta barang kuno yang biasa memburu batu-batu kuno untuk dijadikan koleksi pribadi berdaya jual tinggi. Sehingga kita sebagai generasi yang masih bisa menikmati situs-situs peninggalan sudah selayaknya menjaga  paling tidak mengenal agar nilai-nilai pra sejarahnya juga bisa dirasakan oleh generasi anak cucu kita di masa depan.

foto by: trpramono03.blogspot.com
foto by: trpramono03.blogspot.com

Situs Duplang bernilai heritage tinggi dan berpengaruh pada bermulanya peradaban manusia di dunia , merupakan simbolisasi akar kekayaan budaya bangsa di masa lampau. Jadi, jika kalian singgah ke kota Jember wajib banget untuk mengeksplor situs purbakala yang satu ini. Wisata yang tak sekedar berwisata, namun juga belajar tentang budaya kehidupan lama pada masa lampau yang bernilai historic.

 

 

Source : titik0km.com & indonesiakaya.com

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

1 thought on “Situs Duplang, Situs Kuno di Kota Jember”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *