Kuliner

Seblak Kuliner Khas Bumi Parahayangan

Kebanyakan orang mungkin bertanya, apakah SEBLAK?..dalam bahasa Sunda, kata Seblak sering dikaitkan dengan “NYEBLAK”, kata ini jika dihubungkan dengan perasaan merupakan ” Nyeblak Hate = Perasaan kaget yang diikuti ketakutan luar biasa”. Terus apa kaitannya dengan kata SEBLAK dalam istilah makanan? Ini cukup unik jika kita telaah, Seblak merupakan jenis makanan cemilan yang terbuat dari kerupuk. Ini diibaratkan jika kita memakan seblak akan merasa tertantang karena rasanya yang super pedas.

seblak goreng

Seblak adalah makanan Indonesia yang bercitarasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak adalah makanan Khas Bandung, Jawa Barat. Seblak adalah makanan jajanan jalanan yang cukup digemari, terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi (wikipedia).

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Ada dua macam Seblak yaitu Seblak Basah dan Seblak Kering. Kerupuk sebagai bahan utama pembuatan seblak biasanya dicampur dengan bumbu seperti Cabe, penyedap rasa, bawang putih, kencur, dan bisa ditambahkan tomat atau gula putih jika memiliki selera yang berbeda. Proses pembuatan seblak basah adalah menggoreng bahan-bahan yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan air sedikit, masukkan kerupuk dan aduk hingga bumbu merata, tingkat kekentalan dan kelembutan kerupuk bisa disesuaikan menurut selera.

foto : youtube.com
foto : youtube.com

Untuk proses pembuatan seblak kering, cukup dengan menggoreng kerupuk sebentar, kemudian tiriskan. Setelah itu campurkan bumbu kering dan penyedap rasa. Seblak pun siap untuk dihidangkan. Menu yang praktis, tapi perlu diperhatikan jangka waktu konsumsi. Jangan sampai terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan maag. Kenapa demikian?Hal itu akan terjadi jika anda membuatnya terlalu pedas. So..demi kesehatan aturlah pola makan yang sehat dan benar.

Seblak Goreng
Seblak Goreng

Namun beberapa sumber menyebutkan seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Krupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000an. Seblak juga sudah ada di Daerah Cianjur bagian selatan sejak dari jaman sebelum kemerdekaan, makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Sumber : wikipedia.org &  kompasiana.com.

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close