Kuliner

Sate Bandeng Kuliner Khas Serang

Apa yang ada dipikiran kita jika menyebut “sate bandeng”

Semacam sate ayamkah? Atau kambing?

Mengenai sejarahnya sate bandeng diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten untuk para tamu kerajaan Banten, tujuannya agar makanan yang diolah dari ikan dapat dinikmati dengan mudah maka dibuatlah dengan cara yang unik, memisahkan daging dengan durinya lalu diolah. Kepiawaan ini hanya dimiliki orang – orang serang, dengan keturunan juru masak kerajaan yang tersebar dilingkungan Lontar, Kaloran, Kaujon yang tidak jauh dari alun – alun kota Serang.

Nah sate bandeng ini penampilannya cukup besar, karena hanya terdiri dari dari daging ikan saja,  kemudian diolah diberi bumbu hingga tidak menimbulkan bau lumpur, rasanya pun gurih namun dapat ditambahkan dengan bumbu lain sesuai selera seperti menambahkan sambal ketika ingin dimakan. Karena rasa dan bentukya yang berbeda, banyak orang tertarik untuk mencoba sate bandeng ini, sehingga menjadi makanan khas Serang,Banten dan dapat dijadikan oleh – oleh dengan kisaran harga sate Bandeng dimulai dari 35.000,00 – 45.000,00 , namun masih dapat ditawar.. Ketahanan sate bandeng ini dapat mencapai 3 hari, jika ingin dimakan sate bandeng tetap harus dipanaskan kembali.

Tentunya perlu dicoba jika kita berjalan – jalan ke serang, mendapatkan makanan dari olahan ikan yang dapat dinikmati dengan mudah tanpa duri.

Sumber artikel:

http://ensiklopediaindonesia.com/sate-bandeng-khas-serang-banten/

http://merahputih.com/post/read/sate-bandeng-racikan-chef-istana-kesultanan-banten-hanya-ada-di-serang

Sumber Foto:

http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sate-bandeng-sate-khas-warga-serang

Tags

Afra Zahara

penyuka mie yang suka jalan kemanapun sambil mengamati dengan apik, jadi banyak cita - cita tapi baru niat. Doakan ya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *