Kuliner

Nikmatnya Masakan Rendang Sumatera Barat

“Rendang” salah satu makanan favorit dan terkenal di Indonesia, tentu tidak terlepas dari racikan berbagai bumbu rempah yang membuat masakan ini mempunyai banyak peminat. Rendang merupakan kuliner tradisional yang terbuat dari daging sapi dengan proses masaknya yang berulang – ulang hingga sekitar 4 jam dengan santan kelapa sampai menjadi berwarna hitam pekat dan kering.

Meskipun rendang ini merupakan salah satu khas Sumatra Barat, dalam cara teknik memasak serta penggunaan bumbunya dapat berbeda – beda. Rendang juga tidak hanya sebagai makanan favorit,melainkan sebagai sajian wajib dihidangkan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa contohnya untuk upacara adat Minangkabau, Kenduri atau menyambut tamu kehormatan.

Rendang pun mempunyai beberapa jenis yaitu Rendang Kering yang merupakan rendang sejati khas Minangkabau yang dimasak sampai kering dan rendang basah atau kalio yang waktu masaknya lebih singkat dengan santan yang belum mengering. Guys, rendang dapat disimpan dalam waktu berminggu – minggu dalam suhu ruangan untuk rendang kalio rendang dapat tahan hingga 1 minggu. Untuk harga rendang bervariasi ada yang dihidangkan di rumah makan padang atau disajikan rendangnya saja per gram bisa mencapai puluhan ribu.

Sumber artikel:

https://id.wikipedia.org/wiki/Rendang

Sumber foto:

http://www.warnanusantara.com/rendang-dari-sumatera-barat/

http://ayobuka.com/2015/01/22/9-kuliner-khas-dari-pulau-andalas-yang-harus-dicoba/

https://beritagar.id/artikel/kuliner/6-jenis-rendang-selain-daging-sapi

Tags
Show More

Afra Zahara

Jalan kemanapun sambil mengamati dengan apik, jadi banyak cita - cita. Doakan ya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *