Kuliner

Rendang!! Makanan Terlezat Khas Minangkabau

Siapa yang tidak mengenal Rendang? Makanan khas Minangkabau yang selalu ada di rumah-rumah makanan Padang ini menjadi favorit kebanyakan orang di Indonesia. Jika dahulu ada warteg yang terkenal dari daerah Jawa, kini rumah makan Padang dengan ciri khas bangunan bercat dominan merah dan simbol rumah minang yang menghiasi atap atau bagian depan rumah makan bisa Anda temui menghiasi pinggir-pinggir jalan di hampir setiap sudut kota.

Foto by Masakan Lezat

Rendang merupakan masakan yang dibuat dengan berbagai macam rempah sebagai bumbu dasarnya, masakan ini umumnya bercita rasa pedas yang berasal dari bumbu khas seperti cabai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang dan bumbu-bumbu lainnya. Pembuatan Rendang juga menggunakan santan kelapa, atau orang Minang menyebutnya sebagai Karambia. Kelezatan Rendang tidak hanya dikenal dan menjadi favorit orang Indonesia, tetapi juga sudah dikenal oleh dunia sebagai salah satu masakan terlezat dari Indonesia.

Keunikan yang dimiliki oleh Rendang ini terletak dari bumbu alaminya yang bersifat antiseptik dan berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Bumbu lainnya yang digunakan di dalam Rendang ternyata diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang sangat kuat. Tak perlu heran jika saat ini Anda menemukan penjual Rendang yang memasarkan produknya secara online karena ternyata Rendang ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan dalam wadah tertutup.

Foto by DENTIST CHEF

Asal-usul rendang padang ditelusuri berasal dari Sumatera, khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi masakan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan keseharian. Sebagai masakan tradisi, rendang diduga telah lahir sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya. Rendang merupakan masakan/makanan khas daerah Sumatera Barat. Kini rendang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan kelezatannya sudah sampai ke dunia International. Hal ini terbukti dengan dinobatkannya rendang “Sumatera Barat” sebagai makanan paling lezat di dunia oleh survei yang dilakukan oleh CNN.

Referensi : http://www.buahatiku.com/; http://rendangmama.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *