Danau & Sungai

Keunikan Danau Tahai, Kalimantan Tengah

Foto by infopedia

Danau Tahai adalah sebuah danau kecil yang terdapat di Kota Palangkaraya. Keistimewaan kawasan wisata Danau Tahai lainnya adalah disediakannya jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi areal hutan ini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan terendam air gambut. Danau Tahai memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya (terutama di luar Pulau Kalimantan), yaitu airnya berwarna merah yang disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut. Di sekitar danau, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan yang unik, yaitu banyak terdapat rumah-rumah terapung yang oleh penduduk setempat disebut sebagai rumah lanting.

Foto by al-latif

Biasanya wisatawan yang datang ke Danau Tahai bukan hanya ingin melihat keunikan warna airnya, tetapi juga menikmati suasana pedesaan di pinggir hutan. Di dalam hutan, pengunjung dapat menikmati sejuk dan segarnya udara hutan sambil mendengarkan merdunya kicauan burung-burung. Jika sedang beruntung, pengunjung juga dapat bertemu dengan uwak-uwak yang termasuk salah satu jenis kera langka yang dilindungi oleh pemerintah dan hanya terdapat di kawasan ini.

Foto by centralborneo

Hal yang cukup menarik jika anda berkunjung di sini adalah adanya jembatan yang dapat anda lewati yang menghubungkan jalan ke arah hutan. Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan saat berkunjung di sini seperti bermain perahu angsa, perahu dayung atau bahkan berkaroke. Tak jauh dari danau, ada penangkaran orang utan milik Borneo Orangutan Survival(BOS). Jika datang pada hari minggu atau libur nasional, penangkaran akan dibuka untuk umum.

Referensi : http://www.1001wisata.com; https://ksmtour.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *