BlogKulinerMuseum & SejarahOleh Oleh Nusantara

ASAL KOPI LUWAK BERAWAL DARI RASA PENASARAN

ASAL KOPI LUWAK

ASAL KOPI LUWAK
ASAL KOPI LUWAK YANG MENJADI KOPI DENGAN CITA RASA MAHAL

Kopi adalah salah satu minuman yang paling di gemari oleh para penduduk Indonesia, bahkan oleh semua orang di dunia. Bagi para pecinta kopi kalian pasti sudah tau dengan kopi luwak yang harganya bisa dibilang bisa bikin kantong kita berteriak ( harganya lumayan mahal bro ), ya dibalik harganya yang mahal kopi luwak mempunyai cita rasa tersendiri oleh para pecinta dan penggemar kopi. Tapi apakah kalian tahu dari mana asal kopi luwak? Banyak.

Mempertanyakan negara asal kopi luwak, jangan ngaku pecinta kopi kalau masih belum tahu asal usul kopi luwak yang mempunyai nilai jual tinggi. Jawabannya adalah jreng jreng… Indonesia, yeah Negara kepulauan yang beragam dari suku dan budaya. Negeri kita tercinta Indonesia adalah jawaban yang tepat sebagai Negara asal kopi luwak serta penghasil kopi luwak terbesar di dunia.

Pasti udah gasabar kan untuk mengetahui asal kopi luwak asli dari Indonesia ini ? Yuk langsung kita simak aja.

ASAL MULA DITEMUKANNYA KOPI LUWAK

Kopi luwak di temukan pada zaman kolonial Belanda abad ke-18, pada saat itu Belanda membuat kebijakan yang bisa dibilang sangat merugikan rakyat kita namun sangat menguntungkan Belanda. Kebijakan sistem tanam paksa ( Culturstelsel ), dimana pribumi hanya di perbolehkan menanam kopi, tebu, dan nila ( sejenis tumbuhan yang digunakan sebagai pewarna pakaian pada masa itu ). Lalu yang menjadi pertanyaan darimana asal kopi luwak? Asal kopi luwak yaitu saat Belanda membawa dan mendatangkan bibit kopi termahal dan terenak yaitu biji kopi Arabica yang berasal dari Yaman untuk di tanam di Pulau Jawa dan Sumatera.  Pada saat zaman kolonial Belanda para petani tidak diperbolehkan untuk memetik biji kopi dan di konsumsi oleh penduduk lokal ( pribumi ), dan jika mereka membeli kopi yang sudah di proses pastinya para petani tidak mampu untuk membelinya karena harganya yang sangat mahal.

Nah karena para petani sering memperhatikan luwak (sejenis musang) yang gemar sekali memakan biji kopi yang sudah matang akan tetapi hanya daging dari buah kopi saja yang dapat di cerna oleh luwak biji dan kulitnya tidak, lalu para petani berinisiatif untuk mengumpulkan sisa kotoran luwak dan di proses kopi luwak dicuci hingga bersih dan di sangrai hingga menjadi kopi yang layak di konsumsi oleh para petani kopi di masa itu, dan karena kopi luwak memiliki aroma yang kuat dan harum serta sering di konsumsi  oleh penduduk lokal.

Warga Belanda yang mendengar kabar dengan adanya kopi luwak karena asal pembuatan yang unik serta rasa dan aroma yang dihasilkan pun sangat nikmat dan mantap, membuat kopi luwak asli menjadi minuman para bangsawan Belanda yang mahal pada masa itu.

PROSES KOPI LUWAK

ASAL KOPI LUWAK,PROSES KOPI LUWAK
ASAL KOPI LUWAK,PROSES KOPI LUWAK

Penasaran bagaimana proses kopi luwak tercipta hingga menjadi kopi yang mempunyai harga jual yang tinggi ? Langsung kita simak lagi yuk.

1. Menentukan Biji kopi untuk di proses oleh luwak

Menentukan biji kopi pilihan tidaklah mudah karena hanya buah kopi yang berwarna kemerahan dan matang saja yang akan di pilih dan diproses ke tahap berikutnya

2. Mensortir buah kopi yang sudah di pilih

Setelah memilih buah kopi, di tahap ini buah kopi tersebut harus di sortir lagi, ribet ya? Ya! Memang begini proses pembuatan kopi luwak, dibalik prosesnya yang rumit hasil akhirnya sudah tidak bisa dipungkiri mempunyai cita rasa yang tersendiri dan patut di acungi jempol untuk kopi luwak ini. Lanjut lagi ke topik bahasan, buah kopi yang dipilih di rendam untuk menentukan buah kopi mana yang baik dan bagus untuk masuk ke tahap berikutnya.

3. Memberi makan luwak

Tenang pemirsa semua luwak yang di beri makan buah kopi ini adalah luwak pilihan loh tidak sembarang jenis luwak yang digunakan, ya seperti jenis luwak binturong luwak yang sangat gemar makan buah kopi. Setelah itu luwak yang di beri makan buah kopi yang sudah di sediakan dia tidak langsung memakan semua buah kopi loh, karena luwak hanya akan memakan buah kopi yang benar-benar matang saja. Terus darimana taunya? Silahkan tanyakan ke pada luwak yang dikandang ya hehehe. Luwak memiliki indera penciuman yang sangat tajam jadi luwak dengan cepat mengetahui mana buah kopi yang benar-benar matang untuk di konsumsi.

4. Panen kotoran luwak

Ini dia hebatnya dari sang luwak, kotorannya di panen untuk dan kumpulkan dan dicuci hingga bersih setelah di itu menuju ke proses penjemuran hingga biji kopi yang di hasilkan oleh luwak benar-benar kering. Tahap pembersihannya juga dilakukan berkali-kali hingga tidak ada sisa kotoran dari proses pencernaan luwak tadi.

5. Penggilingan biji kopi luwak

Setelah itu masuk ketahap yang membutuhkan ketelitian tingkat ekstra karena di tahap ini biji kopi yang sudah di jemur dan kering akan di pilih secara manual ada juga yang menggunakan mesin canggih untuk penyortiran biji kopi yang rusak atau tidak utuh, sebelum masuk ke tahap sangrai. Setelah selesai memasuki tahap penyortiran yang terakhir ini biji kopi yang berkualitas ( tetap utuh bentuknya ) masuk ke tahap sangrai, di tahap ini biji kopi luwak di buat benar-benar kering dengan kandungan air yang harus sedikit sekitar 10-11%.

6. Pengemasan dan penyeduan

Ini dia tahap yang paling di nantikan yaitu tahap icip-icip kopi luwak. Sebelum ke tahap ini, kopi masuk ke tahap pengemasan terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa deh di icip-icip.

DAERAH PENGHASIL KOPI LUWAK

Kopi luwak Indonesia memang sudah terkenal sampai ke mancanegara dan ada 2 jenis biji kopi yang digunakan sebagai proses kopi luwak yaitu biji kopi Robusta dan biji kopi Arabica. Berikut adalah beberapa daerah penghasil kopi luwak terbesar di Indonesia:

  1. Aceh Tengah
  2. Sidikalang, Sumatera Barat
  3. Lampung
  4. Garut, Jawa Barat
  5. Kampung Banaran, Ambarawa
  6. Lembah Baliem, Wamena Papua
  7. Toraja, Sulawesi Selatan

Dan masih banyak lagi daerah penghasil kopi luwak di Indonesia.

KHASIAT KOPI LUWAK

Khasiat kopi luwak sudah tidak dipungkiri lagi bahwa yang kita ketahui mempunyai banyak khasiat jangankan kopi luwak, kopi biasapun mempunyai banyak khasiat juga. Nah kamu para wanita yang ingin tampil cantik bisa mengkonsumsi kopi luwak, tidak hanya wanita saja kaum adam atau pria pun juga bisa. Ya iyalah namanya aja kopi pasti lebih diminati oleh kaum adam hehe, yuk langsung simak apa aja sih khasiat dari kopi luwak yang mahal ini berikut adalah ulasan singkatnya.

-Mencegah penuaan dini : Kalian yang mau tampil awet muda bisa nih coba ini, dengan menggunakan kopi luwak sebagai masker, kulit akan tampil lebih cerah, dan terlihat lebih muda

-Menghitamkan rambut : Nah yang rambutnya udah mulai memudar warnanya menjadi putih bisa nih mencoba treatment ini.

Dan selain untuk kecantikan kopi luwak juga sangat bagus untuk kesehatan kita seperti:

-Melindungi kulit dari kanker kulit

-Mencegah kanker payudara

-Mencegah diabetes

-Mencegah penyakit syaraf dan parkinson

-Serta dapat meningkatkan stamina tubuh

Bagaimana guys ? Tertarik bukan untuk mencoba kopi luwak. Sebanding dengan harga kopi luwak dan khasiat yang di peroleh oleh kopi luwak ya guys.

KOPI LUWAK HARAM ATAU HALAL ?

Ternyata dari penasaran para petani terciptanya kopi dengan cita rasa tinggi dan harganya pun cukup tinggi juga, dan buat kalian yang ingin mencoba atau ingin membeli kopi luwak, jangan khawatir dengan isu kopi luwak haram. Sebab Ketua bidang fatwa MUI Kyai Haji Ma’ruf Amin telah menyatakan bahwa kopi luwak itu halal.

pada mulanya biji kopi luwak menjadi haram dikonsumsi karena masih berunsur najis. Keharaman tersebut bukan karena biji kopi tersebut haram dimakan, tetapi ada sebab, yaitu unsur-unsur feses. Namun setelah dibersihkan ternyata unsur itu tidak ada lagi. “Karena itulah menjadi halal dikonsumsi,” terangnya. Lagi pula, jelasnya, jika biji kopi itu ditanam kembali maka tetap akan tumbuh.

Jadi tahu deh sekarang bahwa kopi luwak itu halal ya, dan layak untuk di konsumsi.

Nah sekarang udah taukan asal usul kopi luwak atau yang lebih kerennya asal usul luwak white kopi, warna yang dihasilkan oleh kopi luwak bewarna lebih cerah dibandingkan kopi biasa.

Tags

Marshalnazarth

Menyukai segala keindahan yang ada dialam Indonesia dengan segenap hati dan raga, ada pepatah yang berkata "Tak kenal maka tak sayang, sudah kenal malah makin sayang" jika bertemu denganku sapalah aku, ajak nongkrong dan jangan lupa traktir kita berkenalan lebih akrab lagi. IG:@marshalnazarth

Related Articles

1 thought on “ASAL KOPI LUWAK BERAWAL DARI RASA PENASARAN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *