Tarian Traditional

Tari Lilin, Tarian Tradisional Sumatera Barat

Foto by TradisiKita

Tari lilin adalah tarian tradisional dari Sumatera Barat yang sudah ada sejak dulu kala. Tarian ini tergolong ke jenis tari kelompok yang terdiri dari sejumlah penari dan mengenaikan beberapa properti unik. Keunikan dari properti inilah yang menjadi ciri khas dari tari lilin. Pertunjukan nan ranjak memperlihatkan keanggunan para penari dalam memainkan tarian yang identik dengan properti berupa piring dan lilin. Dalam perkembangannya jenis kesenian tradisional asal Sumatera Barat ini dipertunjukkan dengan diiringi musik klasik.

Asal Usul dan Sejarah Tari Lilin dari Sumatera Barat ini didasarkan pada cerita rakyat bahwa konon seorang gadis telah ditinggalkan oleh tunangan yang pergi berdagang mencari harta. Selama peninggalan tunangannya itu gadis telah kehilangan cincin pertunangan. Gadis tersebut mencari cincin sampai larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan pada piring. Gerakan tubuh yang meliuk, membungkuk, menengadah (berdoa) melahirkan keindahan sehingga peristiwa ini telah melahirkan Tari Lilin di kalangan gadis-gadis desa.

Referensi by http://www.senitari.com/2016/09/tari-lilin-sumatera-barat-dari-sejarah.html; http://www.tradisikita.my.id/2015/03/tari-lilin-dari-sumatera-barat.html
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *