Home / Blog / Danau & Sungai / Rammang-Rammang, Taman Hutan Batu Kapur Terluas ke 3 di Dunia

Rammang-Rammang, Taman Hutan Batu Kapur Terluas ke 3 di Dunia

Jika diamati Memang hampir mirip dengan kawasan wisata Stone Garden yang ada di Bandung. Yap dengan sama2 menyuguhkan keindahan bebantuan dan pemandangan sekitarnya Rammang-Rammang kini menjelma menjadi tempat wisata yang cukup mencuri perhatian di Sulawesi Selatan.

foto : sukodok.deviantart.com

Objek wisata Rammang-Rammang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Maros-Pangkep, tepatnya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 40 km arah utara Kota Makassar, dan bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Makassar. Objek wisata ini berupa objek wisata alam dan sangat mudah dijangkau karena hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.

foto : cifor.org
foto : Karienass

Arti kata Rammang-Rammang sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yaitu Bahasa Makassar, di mana kata rammang yang bisa diartikan sebagai awan atau kabut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata rammang-rammang adalah sekumpulan awan atau kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang dikarenakan awan atau kabut yang selalu turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.

foto : karienass.com

ramang ramang - backpacker jakarta

Ada beberapa objek wisata alam yang bisa ditemukan di tempat ini. Yaitu Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu’ Barakka’, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan wisata Sungai Pute beserta Kampung Berua.

foto : denmasdeni.blogspot

Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang ini hanya satu di Indonesia dan terbesar/terluas ketiga di dunia, setelah yang pertama adalah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan yang kedua adalah Taman Hutan Batu Shilin yang ada di Tiongkok. Praktis terdapat 2 kompleks taman hutan batu yang berada di kawasan ini, yakni yang berada di bagian utara dan selatan. Yupp semoga info diatas bisa menambah refrensi alternatif wisata kalian saat mendatangi Maros Sulawesi Selatan.

Sumber : Wikipedia, google

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Inilah Jembatan Gantung Situ Gunung, Terpanjang Di Sukabumi Jawa Barat

Saat ini para traveller tengah dihebohkan oleh keberadaan objek wisata baru yang cukup unik dan …