Alam & TamanDanau & Sungai

Waduk Bajulmati, Raja Ampatnya Banyuwangi

Waduk Bajulmati adalah waduk yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia atau tepatnya berada di Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Waduk Bajulmati yang terletak diantara Gunung Baluran dengan Pegunungan Ijen ini dibentuk dengan membendung Sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya. Adapun luas Daerah Tangkapan Air (DTA) Waduk Bajulmati seluas 98.43 km2.

foto : @arif_rd

Waduk dengan luas genangan 91,93 ha ini mampu menampung air dengan kapasitas maksimal 10 juta m3. Waduk Bajulmati mencangkup wilayah Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo di Kabupaten Banyuwangi dan Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih di Kabupaten Situbondo. Waduk ini juga dekat dengan Jalan Nasional Rute 1 ruas Kabupaten Banyuwangi-Kabupaten Situbondo dan berjarak 38 km sebelah utara kota Banyuwangi (wikipedia).

foto : @lika_lastri

Nah kini Waduk ini mendadak ngehits dikalangan traveller saat banyak foto yang bermunculan dengan latar Waduk dan terlihat seperti berada di Raja Ampat papua karena banyak pulau-pulau yang kecil atau gundukan-gundukan tanah yang ada di waduk ini terlebih jika kita melihatnya dari atas bukit. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyebut tempat ini seperti Raja Ampatnya Banyuwangi.

foto : @khuwarizmy

Oh ya buat kalian yang mau ke Waduk Waduk Bajulmati jangan khawatir karena aksesnya bisa dijangkau dengan kendaraan roida empat maupun roda dua. Dan jalan menuju Waduk Bajulmati juga tergolong cukup bagus dengan dilengkapi banya papan petunjuk arah. Buat kamu yang berkunjung ke Baluran jaraknya hanya 10 menit perjalanan naik motor dari gerbang taman nasional Baluran. Untuk masuk ke kawasan wisata Waduk Bajulmati juga cukup murah yakni sekitar Rp20.000 / mobil atau Rp10.000 / motor.

foto : @aanwahyumadira88
foto : @ansory_sparrow93

Kini semakin tenarnya Waduk Bajulmati membuat banyak penasaran wisatawan yang berasal dari luar Banyuwangi bahkan dari Bali maupun kota lain juga ada yang datang untuk melihat lebih dekat keindahan yang ditawarkan oleh Waduk Bajulmati. So buat kalian yang datang ke Banyuwangi tak ada salahnya kan datang ketempat keceh ini.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 089507622003 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *