Jogja

Jogja Memang Istimewa Bagian I

Oktober 2022 lalu adalah waktu yang cukup berkesan bagiku. Sebab di sela-sela agenda Kemah Kemanusiaan Nusantara (KKN) yang Rumah Zakat Action inisiasi, aku dan beberapa rekan lainnya menikmati setiap moment yang kami lakukan bersama di Yogyakarta a.k.a Jogja, Jawa Tengah.

Keberangkatan dari Payakumbuh pun dimulai menuju kota Pekanbaru. Menghabiskan waktu lebih kurang 5 jam perjalanan. Relawan di sana menyambutku: berbincang santai sekaligus menikmati nasi sup yang nikmat, dan tersedia tempat untuk beristirahat. Bahkan keesokan harinya ada yang menjemput serta mengantar ke bandara.

Jogja

Menuju Jogja

Kami berangkat dengan kekuatan tim hanya 3 orang; saya, Bang Fahmi, dan Bang Mul. Singkat cerita sampailah di sana dan sudah ditunggu oleh Mbak Selas; relawan tomboy yang super ramah.

Selepas mengambil sepeda motor di tempat penyewaan, kita langsung menuju basecamp Relawan Nusantara (RN) Jogja untuk menaruh barang. Istirahat sebentar, kemudian tancap gas ke destinasi pertama yaitu Warung Kopi Klotok.

Jogja

Setelah “Sumatera Tengah” terisi, kami melanjutkan perjalanan menuju Bunker Kaliadem. Hanya melihat-lihat, foto, dan berkeliling sejenak sebelum memilih pulang.

Jogja

Malamnya Bang Mul tepar dan memilih istirahat. Saya bersama Mbak Selas yang akhirnya disusul Bang Fakmi, memilih berwisata malam di sekitaran tugu Jogja dan silaturahmi dengan sepasang senior RN Pekanbaru yang stay di sana; Bang Pok dan Kak Eet serta bertemu dengan peserta KKN lainnya yang berasal dari RN Jakarta Timur; Kak Fitri dan Kak Qonita.

Jogja

Hari berikutnya tentunya lanjut dengan KKN di Pacitan. Agenda kerelawanan yang tentunya sangat seru dan sudah pernah saya bahas di tulisan sebelumnya.

Baca juga: KKN Desa Kembang

Sepulang dari agenda tersebut, kami kembali memilih beristirahat di basecamp. Bersama peserta KKN lainnya yang berdomisili di sekitaran Jawa Bagian Barat beserta tuan rumah, lanjut berjalan kaki cukup jauh menuju tempat santap malam.

Jogja

Selesai makan, kami bergerak. Lagi-lagi menuju sekitaran Tugu Jogja. Kali ini mengabadikan momen dengan berfoto di beberapa spot, juga ke tempat oleh-oleh.

Jogja

Keesokan harinya lagi kemana? Tenang, masih ada beberapa tujuan dan cerita yang nggak kalah hebatnya.

Views: 124

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya