Alam & TamanQuality TimeSeputar TravellingUncategorized

Puncak Gagoan: Eksotisme Puncak di Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki berbagai objek wisata terkenal, salah satunya adalah Puncak Gagoan. Terletak pada gugusan Pegunungan Bukit Barisan atau lebih tepatnya di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Nama ‘Gagoan’ berasal dari kata ‘Gagau’ dalam bahasa Minangkabau, yang berarti gamang atau takut jatuh. Hal ini dikarenakan saat berada di puncak, akan terlihat kecuraman dan batuan karang dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat.

Baca juga: Air Terjun Pelangai Gadang

Perjalanan dari Kota Solok, memakan waktu sekitar 1 jam. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua untuk menuju ke lokasi. Biaya retribusinya pun hanya berkisar Rp. 10.000,- saja.

Setelah sampai di tempat parkir, akan tampak beberapa warung berjejer rapi. Bagi yang tidak ingin/sanggup mendaki, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan di sekitaran warung.

Gagoan

Kemudian dari sini juga lah pengunjung akan memulai pendakian selama lebih kurang 30 menit. Di beberapa titik, disediakan tali pegangan. Hati-hati, rute menanjak cukup licin dan terjal.

Gagoan

Tiba di Puncak Gagoan, pengunjung akan berada di tengah-tengah padang savana; dengan disuguhi pemandangan dua bukit yang mengapit, tebing bebatuan, dan Danau Singkarak nan indah. Banyak pengunjung mengabadikan momentum terbaik ini bersama keluarga ataupun teman sejawat. Namun berhati-hatilah, sebab hembusan angin kian kencang di lokasi tersebut.

Gagoan

Bagi yang ingin berkunjung, lokasi wisata satu ini buka dari pukul 08.30 WIB-17.30 WIB, setiap harinya. Selamat berlibur…

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *