Berita BPJEvent BPJQuality Time

Baksos Pendidikan BPJ Mengajar 2016

Belajar dan bermain adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh anak –anak dibawah usia 20thn, dimana mereka seharusnya tumbuh dan mulai mengembangkan potensinya, sayang tidak semua beruntung dalam hal tersebut. Jika kita coba lihat lagi lingkungan sekitar,sebenarnya masih banyak anak – anak yang membutuhkan perhatian lebih terutama pada bidang pendidikan.

Foto Kiri – Kanan ( Edi M Yamin & Selly Founder BPJ, Asep Supriatna Ketua Pelaksana dan Krisna Ketua KOPPAJA )

Hal ini yang membuat komunitas BPJ untuk pertama kalinya melakukan baksos dengan bertemakan pendidikan BPJ Mengajar 2016, dimana BPJ bekerja sama dengan KOPPAJA (Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan) Bekasi dan Sekolah GINUS (Global Inspirasi Nusantara).

KOPPAJA Bekasi Merupakan komunitas yang mengusung sekolah non formal, dengan anak – anak bimbingan sebanyak 75 orang yang merupakan anak jalanan dan kaum dhuafa serta mempunyai 22 volunteer. Tempat belajar mereka sehari – hari biasanya dilakukan di sekre KOPPAJA Bekasi (Kayuringin) atau anak –anak ini dihampiri dimana tempat mereka biasa bekerja. Tidak berbeda jauh dengan KOPPAJA Bekasi, GINUS pun merupakan lembaga belajar yang berfokus pada anak – anak yg kurang mampu, selain dibimbing belajar mereka pun dibina untuk menjadi wirausaha.

Baksos Pendidikan BPJ Mengajar 2016 dilakukan pada tanggal 04 Desember 2016 dengan lokasi di sekolah GINUS Jl.Lapangan Bekasi Tengah No.3 Kelurahan Margahayu dan dimulai dari pukul 10.30 WIB sampai dengan selesai.

Karena kegiatan ini mempunyai misi memotivasi anak – anak untuk mengenal alam Indonesia maka pada kegiatannya, anak – anak ini dikelompokkan berdasarkan usia dengan berbagai materi yang berbeda. Ada 5 kelompok (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Papua dan Sulawesi) dengan berbagai macam materi yang diberikan mulai dari destinasi dataran rendah & tinggi, jenis flora dan fauna serta materi camping yang dikhususkan untuk anak usia 16 tahun keatas.

Bagaimana respon anak – anak?

Luar biasa, semuanya dapat membaur dengan peserta BPJ Mengajar. Ada juga kegiatan kuis yang diberikan setelah melakukan pengenalan BPJ, dimana anak – anak sangat antusias hingga berebutan untuk menjawab. Nah tidak ketinggalan pula, anak – anak ini memberikan hiburan dengan menampilkan nyanyian mereka.

Ini menjadi pengalaman baru untuk BPJ dalam kegiatan baksos, seperti beberapa testimoni yang di ungkapkan seperti “kesempatan yang seru banget, anak – anak yang asik, kita seperti punya tantangan sendiri.” Dan ada pula yang mengatakan “acara ini mengajarkan untuk lebih memahami anak – anak yang kekurangan, melatih dan menguji kesabaran, tapi pada dasarnya mereka adalah anak – anak yang pintar dan luar biasa serta cukup menghibur, keadaanlah yang membuat mereka mungkin tidak seberuntung anak – anak lainnya, dan itu tanggung jawab kita untuk mengarahkan mereka.”

Semoga ini menjadi motivasi kita untuk terus berbuat baik dan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Created by : Afra

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close