Home / Blog / Pulau Tongkeng, Pulau Mungil nan Kaya Biota Laut

Pulau Tongkeng, Pulau Mungil nan Kaya Biota Laut

Menyimpan beribu keindahan bawah laut, merupakan daya tarik utama Kepulauan Seribu. Terdiri dari pulau-pulau kecil dan besar yang sudah terkenal sebagai wisata alam yang cukup dekat dari ibukota menjadikan lokasi ini pilihan berlibur bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

foto: @muhammad_idrisbaros
foto: @muhammad_idrisbaros

Pulau Tongkeng, mungkin namanya tidak terlalu terkenal seperti Pulau Tidung atau Pulau Pari, tetapi pesona alamnya bisa jadi bikin kalian terpukau. Pulau yang tak berpenghuni ini merupakan Pulau Konservasi Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional yang masuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Kelapa Kecamatan Pulau Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, D.K.I Jakarta.

foto: dshegita
foto: @dshegita

Pulau yang termasuk gugusan Pulau Kecil di Kepulauan Seribu ini hanya memiliki luas sebesar 3,36 Ha. Pulau Tongkeng begitu mungkil jika dilihat dari kejauhan. Pantai pasir putih dan keasrian alamnya bisa membuat kalian betah di sini. Air laut yang jernihpun menjadi suguhan istimewa bagi para pelancong yang singgah, karena biota laut dan karang-karang indah akan jelas terlihat di balik air laut.

Alam sekitar yang rimbun dan teduh menandakan bahwa pulau ini memang subur. Tak heran banyak pepohonan yang tumbuh seperti pohon Mangga, Rambutan dan Durian. Tentunya kalianpun akan menjumpai pepohonan khas pinggiran pantai seperti Bakau, Cemara Laut, Kelapa, Pandan Laut dan Nyamplung.

foto: @bastantaprawira
foto: @bastantaprawira

“Bagaimanakah keindahan bawah lautnya?” Pasti para sobat BPJ penasaran apa saja yang bisa ditemukan di dalam lautnya. Beragam jenis terumbu karang dan biota laut lain akan menyapa kalian yang ber-snorkeling ria. Begitupun dengan beragamnya ikan laut warna-warni yang akan menambah betah para pecinta kegiatan snorkeling ini.

foto: @msaipulanwar_ipunk
foto: @msaipulanwar_ipunk

Tetapi jangan sampai terlalu terlena dengan keindahan bawah lautnya ya, kemudian membuat kalian terlalu lama di dalam air dan tidak mengontrol nafas. Tetaplah dalam keadaan aman berwisata agar liburan kalian makin berkesan. Salam BPJ!

Sumber: seribuharapan.com

About Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I’m a member of Backpacker Jakarta’s Fantastic Four! #BPJ4

Check Also

Melirik Pesona Bukit Indah Simarjarunjung, Sumatera Utara

Bukit Indah Simarjarunjung adalah satu diantara objek wisata yang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan panorama …