PantaiPulau

Pulau Padar, Primadonanya Indonesia Yang Mendunia

Sebut Saja Dia Padar

Pulau Padar. Yap, pulau cantik yang menjadi primadonanya Indonesia kini namanya semakin mendunia. Dari turis lokal hingga turis asing semua berbondong-bondong mendatangi tanah Flores demi mendapatkan pesona yang sempurna dari si cantik yang kini menjadi icon dari Labuan Bajo itu sendiri.

Pulau Padar Yang Mendunia

Fyi gengs, Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang ada di Labuan Bajo, Flores, Indonesia. Dan statusnya masuk kedalam kawasan Taman Nasional Komodo. Letaknya cukup jauh dari pelabuhan, dan dapat ditempuh dalam waktu 4-5 jam menggunakan kapal motor maupun speedboat jika benar-benar dari pelabuhan.

By the way, pulau yang memiliki luas 14.09 Km2 ini merupakan rumah bagi spesies unik yaitu Komodo. Namun tidak banyak komodo yang ada, hanya sekitar 3 ekor yang ada di pulau ini. Selebihnya, Padar dihuni oleh fauna lainnya seperti Rusa, Kalong Buah, dan binatang reptil seperti ular hijau, ular lidi, serta penyu hijau.

Aku pribadi merasa bersyukur sekali berkesempatan mengunjungi Pulau Padar sebanyak dua kali. Kebetulan aku menempuhnya dari Manjarite, sehingga hanya memakan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Pulau Padar.

Sunset saat aku tiba di Pulau Padar
Primadonanya Indonesia Yang Mendunia

Pulau Padar sendiri merupakan pulau kedua yang berhasil menaklukkan hatiku. Topografinya masih berupa perbukitan lanskap yang membelah menjadi 4 cabang. Di setiap cabangnya terdapat cekungan garis pantai lengkap dengan pasir putih dan lautnya yang biru. Cantik sekali.

Anyway, untuk mendapatkan keindahan yang sempurna dari Pulau Padar, aku pun menanjaki badan si Padar hingga sampai ke bagian atas. Di awal, aku disuguhkan pada tangga kayu yang eksotis sekitar 5 menit. Kemudain dilanjutkan dengan bebatuan yang bentuknya seperti tangga yang dikanan kirinya dihiasi bunga-bunga bermekaran.

Sekitar 20 menit berlalu, jalur menuju puncak Padar semakin menanjak. Kali ini aku disuguhkan pada tanah berpasir yang tidak terlalu terjal. Kemudian berganti dengan bebatuan yang mudah dipijak hingga sampailah keatas. Setelah dirasa mendapatkan spot yang cukup oke. Akupun berhenti dan mencoba menikmati keindahan Pulau Padar.

MasyaAllah. Indahnya luar biasa. Sebuah savana hijau bercabang empat membentang membelah lautan menjadi 4 cekungan garis pantai. Berpadu dengan semilir angin yang menderu menjadikan padang savana tersebut terlihat seperti rumput-rumput bergoyang yang sangat eksotis.

Anyway, waktu terbaik untuk mengunjungi Padar adalah pagi dan siang hari. Sebab Pulau Padar akan lebih cantik dinikmati pada saat langit sedang cerah. Hindari mendaki pada saat sunset atau matahari terbenam, karena viewnya kurang bagus menurutku.

The last but not least, untuk menuju kesini kamu bisa menyewa kapal motor, speedboat, maupun mengikuti opentrip. Tapi, akusih lebih menyarankanmu mengikuti Trip Sailingnya Backpacker Jakarta yang sharecostnya terkenal murah. So, kapan kamu kesini ? Aku aja udah 2 kali. Masa kamu enggak :)

Baca juga : Pulau Kelor Labuan Bajo, Sejuta Keindahan Yang Mengagumkan

 

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

1 thought on “Pulau Padar, Primadonanya Indonesia Yang Mendunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *