Pantai

Pulau Nisa Pudu, Surga Terpendam di Dompu

Pesona Alam NTB

Mungkin belum banyak yang mengenal Pulau Nisa Pudu, NTB. Pulau Nisa Pudu merupakan pulau cantik tak berpenghuni yang berada dalam kawasan perairan sekitar Pulau Sumbawa.

Foto : Instagram @ayodolan

Lokasi Pulau Nisa Pudu

Letak persis Pulau Nisa Pudu adalah di Soro, Kempo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di tengah Teluk Saleh. Selama ini pesona NTB tersohor lewat keindahan Tiga Gili Lombok. Tapi ternyata di Lombok Timur wisata alam lainnya seperti Pulau Nisa Pudu yang lagi naik daun lho!

Foto : bolehtanya.com

Cara Menuju Pulau

Untuk menuju pulau, Anda bisa mengambil penerbangan menuju Kota Bima, Bandara Sultan Mahmud Salahudin, kemudian dilanjutkan naik mobil menuju Kempo dengan jarak tempuh sekitar 1.5 hingga 2 jam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu dengan biaya sewa pulang pergi Rp. 300.000 selama 30 menit perjalanan.

Setelah sampai di bibir pantai maka Anda akan pasir putih dan air laut biru toska. Pulau hijau yang seolah mengapung tak lain adalah Pulau Nisa Pudu, terlihat jelas pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yang besar dan kecil. Pulau yang besar diselimuti dengan rerumputan hijau dan pepohonan. Sementara bagian yang kecil lebih menyerupai bukit.

Foto : Instagram @andarastha

Di pesisir pantai pun Anda bisa melihat sekawanan hiu kecil berenang, hamparan pasir putih dan warna laut yang bergredasi biru laut dan toska, sementara di sisi lain pulau hamparan pesisir pantainya dipenuhi bebatuan. Pengunjung bisa berenang maupun snorkeling.

Pemandangan dari pulau pun begitu menarik, terlihat perbukitan sekitar yang merupakan daratan Pulau Sumbawa, dari pulau ini juga terlihat jelas gagahnya Gunung Tambora. Pulau Nisa Pudu dapat dikelililingi dalam waktu 10 menit berjalan kaki karena ukurannya yang kecil.

Foto : Instagram @erwandompu

Tips

  1. Bagi yang ingin berliburan di Pulau Nisa Dompu disarankan untuk membawa bekal karena tidak ada warung makan di sini.
  2. Sebaiknya berenang dan snorkeling ke arah selatan pulau karena arusnya yang tidak sekuat pantai arah utara.
Author : Maria Ulfah, member of @backpackerjakarta_32 dan Klub KubbuBPJ
Tags

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close