Seputar Travelling

Pontianak Greets The World! Ini Dia 5 Alasan Kamu Wajib Ke Pontianak

Pontianak adalah  ibu kota provinsi Kalimantan Barat yang juga merupakan kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Oleh karena itu kota Pontianak mendapat julukan sebagai Kota Khatulistiwa.

Kota pontianak juga tidak kalah menariknya dengan kota-kota lain yang menawarkan berbagai keindahan alam dan budaya. Berikut ini adalah alasan kenapa kalian harus mengunjungi kota Pontianak:

Wisata Kuliner

Tidak hanya dengan sejarah dan budayanya yang unik, Kota Pontianak juga memiliki ragam kuliner yang unik dan lezat. Salah satu contohnya adalah bubur pedas yang merupakan makanan khas masyarakat Sambas bisa kalian nikmati juga disini. Selain itu, Berbagai kuliner asli Pontianak juga tidak kalah lezatnya seperti pengkang, sotong pangkong, chaikue, bingka berendam dan yang lainnya juga siap menggoyang lidah kalian.

Kota Pontianak Dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia

Indonesia memang banyak menyimpan penomena alam yang menjadi daya tarik wisata untuk daerahnya. Di Kota pontianak sendiri pantas dijadikan tempat wisata paling menarik di Indonesia, alasannya? Salah satunya kekayaan alam yang hanya ada di Indonesia dan letaknya hanya di Kota Pontianak yakni Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Foto by Panoramio

Terdapat Tugu Khatulistiwa

Sekitar 3 kilometer dari arah pusat kota Pontianak menuju arah kota Mempawah berdiri megah Tugu Khatulistiwa. Tugu ini banyak menarik wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri. Hal yang paling ditunggu-tunggu bagi pengunjung Tugu Khatulistiwa adalah terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa.

Beragama Kebudayaan

Suka dengan budaya? Kota Pontianak lah tempat yang tepat untuk mengenal kebudayaan yang mungkin tidak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia. Banyak sekali event kebudayaan terdapat di kota pontianak, akan tetapi terdapat 3 event tahunan yang terus dilakukan dan sangat sayang jika dilewatkan yaitu:

  • Gawai Dayak Gawai Dayak merupakan sebuah pesta dimana sebagai sebuah ucapan terima kasih kepada sang pencipta atas panen padi yang berlimpah. Adapun tujuan lainnya event gawai dayak ini untuk melambangkan rasa persatuan dan identitas kemakmuran serta memperkenalkan bahwa masyarakat dayak memiliki andil daam mempersatukan bangsa Indonesia.
  • Festival Cap Go Meh / Barongsai Festival Cap Go Meh merupakan salah satu kebudayaan warga tionghoa yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan apalagi di Kota Pontianak. Festival Cap Go Meh dilakukan 15 hari setelah hari raya imlek, dengan ragam atraksi seperti atraksi naga, barongsai serta atraksi para tatung.
  • Festival Meriam Karbit Festival Meriam Karbit merupakan sebuah event tahunan yang dilaksanakan tepat pada bulan ramadhan menjelang idul fitri. Maka tidak heran jika kalian berkunjung ke kota pontianak pada bulan ramadahan, maka akan mendengar suara dentuman keras yang datang dari sepnjang tepian sungai kapuas.

Dijuluki Kota Seribu Warung Kopi

Mungkin ini kedengaran sedikit agak aneh, tapi bagi sebagian masyarakat sudah mengenai kota pontianak dengan sebutan kota seribu warung kopi. Mungkin bagi para kaum bapak-bapak atau kawula muda yang senang menikmati secangkir kopi pontianak lah tempatnya. Konon ceritanya memang merupakan tradisi turun temurun.

Ref by trikurniadi; daengpajoka
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *