Quality Time

Pessel With Love (Pengukuhan)

Rasanya sangat rugi bagi kalian yang masih belum kenal dengan wilayah Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar. Salah satu titik terbaik untuk menikmati pesona bahari yang masih asri.

Ok, sampai di sana saja intronya. Kali ini aku akan bercerita tentang trip beberapa hari ke negeri nan indah tersebut. Begini mulanya.

Masih ingatkan, dulu aku pernah cerita tentang ekspedisi SIMBA dari komunitas bernama LAN? Nah… kami diundang kembali untuk menghadiri kegiatan pengukuhan anggotanya, pada 08-09 Agustus 2020.

LAN Pessel

Berhubung aku stay di Payakumbuh, jadi 2 hari sebelumnya sudah bergerak menuju kota Padang. Esok sekitar pukul 11 siang, bersama 6 rekan lainnya kami berangkat ke Pessel.

Di jalan, tentu menyempatkan diri untuk ibadah sholat Jum’at. Kemudian menuju lokasi pertama: pesta nikahan kakaknya salah satu relawan (Beta), di Bayang.

LAN Pessel

Selang beberapa lama setelah memenuhi hasrat terbesar yaitu mengisi lambung, kami melanjutkan perjalanan menuju Air Haji (tujuan utama). Tentunya dengan beberapa kali pemberhentian untuk ibadah, menunggu rekan lain yang akan ikut berangkat bersama, ataupun menambal ban motor yang bocor.

Kami tiba di lokasi sekitar pukul 9 malam. Disambut hangat oleh sang pemilik rumah, disuguhi hidangan makan malam yang menggiurkan, juga disediakan bantal sebagai penyenyak tidur.

Dengan perjalanan yang demikian cukup jauh, bohong kalau aku berkata tidak lelah. Hanya saja, masih usaha menyelesaikan amanah kerjaan pada malam itu juga. Ditemani 2 lelaki baik hati: Fajri dan Wenda. Hingga akhirnya bisa terlelap pukul 1 dini hari.

Alarm subuh telah berbunyi, segerakan yang perlu disegerakan. Kegiatan hari pertama akan di mulai. Lokasi camp kami tepat di pinggir pantai Kito, dengan pohon kelapa tumbuh menjulang disekitarnya. Alunan ombak samudra pun ikut memecah sepi. Tenda sedang didirikan.

LAN Pessel

Pembukaan acara berjalan dengan khidmat, walau terik matahari menyengat membakar kulit. Dipayungi terpal orange, sebagai peneduh.

LAN Pessel

Dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain:

  • Perkenalan LAN Pessel
  • Ishoma
  • Materi kerelawanan
  • Api unggun + yel-yel
  • Nobar

Pagi selanjutnya berlangsung aksi seputaran lingkungan:

  • Bersih pantai
  • Pembuatan bangku
  • Eksekusi bibit pinus

Terakhir penutupan acara, sekaligus pengukuhan anggota. Tampak jelas sang founder saat itu mengirimkan isyarat haru pada khalayak yang hadir dengan mata berkaca-kaca dan suara yang mulai parau. Next, foto bersama dan terakhir sesi tukar kado.

LAN Pessel

Acara selesai, namun kami masih bertahan 1 hari lagi di lokasi saking nyamannya *eh 😅

Rencana awalnya ingin mengunjungi destinasi wisata di daerah tersebut, dengan pertimbangan terbesar bahwa kami belum tentu bisa menyambangi kembali daerah itu. Namun karena satu dan lain hal, diganti dengan lebih mengakrabkan diri pada tuan rumah. Eits… sebelum balik, foto yuk 😁

LAN Pessel

Keberangkatan pulang dari Air Haji pukul 10 pagi. Menyempatkan singgah di rumah kenalan sorenya dan main di Pantai Batu Kalang, Pessel.

LAN Pessel

Lanjut jalan ke Padang dan tiba pukul 12.30 dini hari. Mari istirahat!

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *