Alam & TamanQuality TimeSeputar Travelling

Guak Lago, Nikmati Suasana Bak Negeri di Atas Awan

Buper (Bumi perkemahan) Guak Lago, terletak di Jorong Kampuang Dalam, Limbanang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Tempat wisata yang satu ini dibuka sejak 15 Juli 2018.

Buper Guak Lago

Buper Guak Lago

Kata Guak Lago berasal dari ‘Guak‘ yang berarti puncak, dan ‘Lago’ berarti berlaga. Dinamakan demikian karena terdapat tiga puncak lereng yang bertemu di bagian atas.

Baca juga: Batang Tabik: Pemandian Alam Yang Masih Bertahan Hingga Kini

Rute

Perjalanan menuju ke sana memakan waktu lebih kurang 25 menit atau berjarak sekitar 20 kilometer dari jantung Kota Payakumbuh.

Dapat ditempuh menggunakan transportasi umum dengan menaiki bus Sinamar dan berhentiĀ di Limbanang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek pengkolan seharga Rp.10.000,00.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi pribadi, bisa mengakses titik lokasi buper melalui Google Maps. Juga akan menemukan informasi tertulis menuju tujuan pada jalur bercabang sebelah kiri, setelah menempuh jarak 100-200 meter dari Limbanang. Berhati-hatilah! Sebab akan menyusuli jalan kecil perkampungan yang menurun dan menukik tajam sejauh 1 kilometer.

Setelah tiba di posko, cukup membayar parkir kendaraan sebesar Rp.5.000,00. Namun jika ingin menginap (camp), dikenai biaya tambahan sebesar Rp.10.000,00 per orang.

Menuju puncakĀ Buper Guak Lago, pengunjung perlu menyiapkan tenaga ekstra karena akan menempuh medan pendakian dengan kemiringan sekitar 40 derajat dan menghabiskan waktu selama 5 menit. Tidak perlu khawatir akan jatuh, telah disediakan jenjang buatan dan pegangan tangan di sisi kiri.

Sangat disarankan untuk mendirikan tenda dan menginap di lokasi tersebut, sebab suasana bak negeri di atas awan hanya dapat dinikmati saat pagi hari. Sambutan nyanyian burung, suasana sejuk, dan juga kopi, tentu akan jadi pelengkap perjalanan.

Buper Guak Lago

Buper Guak Lago

Beberapa spot untuk berfoto bersama rekan sejawat, tampak memikat. Tidak jarang, ada yang mengabadikan momen bahagia pre-wedding atau post-wedding mereka di sana.

Buper Guak Lago

Buper Guak Lago

Fasilitas MCK dan mushala, sudah tersedia. Pengunjung juga tidak perlu menghabiskan tenaga untuk turun dikarenakan persediaan logistik habis, sebab di atas puncak telah berdiri warung-warung kecil penyelamat perut.

Bagi kalian yang hanya memiliki waktu libur terbatas atau tidak bisa ke gunung, Buper Guak Lago adalah alternatif yang tepat untuk menikmati suasana alam yang dirindukan.

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *