Pantai

Pesona Keindahan Laguna Pantai Kedung Tumpang

Pantai Antimainstream di Pulau Jawa

Pulau Jawa tidak ada bosannya jika dibahas mengenai daya tarik wisatanya apalagi dalam hal wisata airnya salah satunya di Provinsi Jawa Timur kali ini kita akan membahas kota yang berada di Jawa Timur yaitu Tulungagung. Tulungagung adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dan sebagai satu dari beberapa marmer terbesar di Indonesia terletak 154km dari Surabaya Ibukota Jawa Timur. Tulungagung juga memiliki wisata pantainya yang sangat cantik salah satunya Pantai Kedung Tumpang.

Sumber : Tito Photo,Youtube, Google.com

Pantai Kedung Tumpang terbentuk karena erosi laut yang sedikit demi sedikit mengikis karang di tepi pantai. Gugusan karang tersebut akhirnya tergerus dan menyisakan sebuah kolam alami atau laguna. Laguna adalah kolam air yang terpisah dengan laut namun memiliki air asin. Laguna ini terisi karena deburan ombak yang menerjang karang sehingga sedikit demi sedikit kolam-kolam di pesisir karang Pantai ini terisi sehingga membentuk seperti layaknya jacuzzi atau kolam renang alami.

Sumber : Sindopos.com

Bentuk laguna Kedung Tumpang pun indah, airnya bening dan traveler bisa berenang dengan asyik di sini. Seperti punya kolam renang pribadi dengan view cantik menuju ke laut lepas Tak ada bandingannya. Penduduk di sekitar lokasi tersebut kadang kala menyebut kolam itu dengan kedung atau lubuk atau bagian sungai yang dalam. Selain untuk berwisata, wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut dapat pula mendirikan perkemahan di area parkir. Lokasi perkemahan ini sangat cocok untuk menikmati suasana laut luas, bahkan kadang kala melihat lumba-lumba yang sedang berada di dekat pantai tersebut.

Sumber : feryarifian.com

Pantai Kedung Tumpang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban.Cara ke Pantai Kedung Tumpang Tulungagung memang tidak mudah. Wajar jika beberapa tempat wisata paliang indah dan menarik sangat sulit dijangkau. Ada keuntungannya karena tidak mudah diakses agar tidak cepat rusak.

Perjalanan menuju Pantai Kedung Tumpang dari Terminal Tulungagung diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dalam kondisi normal. Jarak tempuh diperkiraaan antara 47 kilomter sampai dengan 50 kilometer. Selain melalui Tulungagung kamu juga bisa menggunakan jalur melalui kota Blitar.

Sumber : galinusantara.blogspot.com

Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang. Kamu cukup membayar tarif parkir kendaraan. Harga tarif parkir di Pantai Kedung Tumpang untuk Motor Rp.5.000 dan Mobil Rp.15.000 (jika belum ada kenaikan).  Mengingat jalan menuju ke destinasi ini masih belum terbangun dengan mulus, opsi kendaraan roda dua menjadi moda transportasi terbaik menuju ke Pantai Kedung Tumpang.

Setelah memarkirkan kendaraan, traveler tinggal berjalan kaki menuruni tebing hingga sampai ke Pantai Kedung Tumpang. Karena jalannya masih belum terlalu bagus, disarankan menggunakan alas kaki yang memadai, jangan menggunakan sandal jepit tetapi pakailah sendal gunung. Tetap berhati-hati dan waspada akan bahaya yang mengancam.

Sumber : Travpacker Indonesia

Saat sudah sampai ke Pantai Kedung Tumpang, sulitnya akses menuju ke surga tersembunyi ini langsung terbayar sudah. Pantai karang berlaguna alami ini sungguhlah indah. Tak cukup kata-kata untuk menggambarkannya. Langsung saja bersiap untuk menceburkan diri ke kolam renang alami yang menggoda ini Airnya jernih, pemandangannnya indah. Dijamin puas main air di Pantai Kedung Tumpang.

Sumber : id.wikipedia.org, blog.reservasi.com, travel.detik.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close