Air TerjunEditor Picks

Pesona Keindahan Curug Orak Arik Baturraden

Curug Orak Arik berada di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden. Curug ini adalah curug pertama yang saya kunjungi dalam rangkaian One Day Trip “Hunting Curug” dan masih satu kawasan dengan curug carang dan curug gagak.

Keindahan yang mempesona

Untuk menuju tempat ini, patokannya adalah Gerbang Wisata Mandala. Sebelum gerbang ini, belok kanan menuju arah ke Curug Telu, sebelum pertigaan Gerbang desa Karangsalam atau menuju ke Sumbang, kita akan melewati Gerbang Putih dengan pagar tembok. Gerbang itulah pintu masuknya.

Jalan setapak setelah masuk pintu gerbang

Gerbang putih yang merupakan pintu masuk villa/rumah warga menandakan bahwa curug ini belum dikelola sama sekali. Sehingga hanya sedikit yang mengetahui lokasinya. Saya pun tak mengeluarkan uang tuk menikmati Curug Orak Arik.

pemandangan di sisi kiri jalan setapak

Pemandangan di sisi kiri jalan setapak

Perjalanan di mulai dengan melintasi perkebunan dan aliran irigasi persawahan dan papringan di sebelah sungai, dilanjutkan dengan menyusuri sungai dangkal. Dari sini sudah tampak sekali keindahan dan ketinggian curug orak-arik. Kemudian menelusuri jalan setapak di tepian sungai, batu-batuan besar tampak terlihat menghiasi di sebelah kanan menambah keindahan curug ini.

Sunyi, namun tetap menarik

Sunyi, namun tetap menarik

Curug ini begitu sunyi, tapi sangat menarik. Tingginya curug dan panorama yang indah disertai hawa sejuk di sekitarnya melengkapi keindahan yang membuat kita terpesona. Namun bila hujan, air bah bisa tiba-tiba datang tanpa memberi tanda.

Curug orak arik dari kejauhan

Curug orak arik dari kejauhan

kelebihan curug orak-arik adalah dari ketinggiannya dan mudah di jangkau dengan jalan kaki, sayangnya dasar curug ini dangkal jadi tidak bisa untuk berenang. Curug ini belum dikelola untuk objek wisata sehingga fasilitas penunjang belum ada sama sekali.

Jadi, jika anda berkunjung ke lokasi ini, jangan lupa jaga kebersihan dan bawa pulang kembali sampahnya ya.

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close