Air Terjun

Air Terjun Lumoli, Wisata tersembunyi di Maluku yang wajib kamu kunjungi

Berbicara keindahan Maluku memang tak akan pernah habisnya. Kita akan selalu dibuat takjub dengan berbagai keindahan yang ada di Timur Indonesia ini. Maluku tak hanya kaya akan wisata budaya, laut atau pantainya saja namun juga memiliki banyak wisata lainya yang tak kalah menariknya seperti air terjun.

foto : @urwah_fairish

Salah satu air terjun yang sangat terkenal di Maluku adalah Air terjun Lumoli. Air terjun Lumoli merupakan sebuah air terjun cantik yang berada di desa Lumoli, sekitar 10 kilometer dari pusat kota Piru ibukota kabupaten Seram Bagian Barat Maluku. Air terjun Lumoli Sendiri masih sangat alami karena berada didalam hutan rimba yang masih sangat asri. Tak heran bila akses menuju Air terjun Lumoli masih belum bagus dan belum terkelola dengan baik.

foto : @larissaicha
foto : @niesagnestan

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Air terjun Lumoli adalah sekitar 2-3 jam perjalanan dari desa Lumoli. Karena Air terjun Lumoli masih belum dikelola pemerintah atau masyrakat setempat maka blum ada biaya atau tiket resmi yang dikeluarkan.

Nah untuk menjaga keamanan dan juga hal2 yang tidak diinginkan terjadi maka kita harus izin kepada pemangku adat setempat. Selain meminta izin juga sekaligus bersilaturahmi pada warga atau pihak adat ditempat ini.

foto : @niesagnestan

Keindahan yang ditawarkan Air Terjun Lumoli adalah pemandangan air terjun ditengah hutan belantara diantara perbukitan. Bebatuan besar yang berundak-undak akan menambah kesan istimewa Air terjun Lumoli. Tak heran bila siapapun yang datang kesini akan dibuat takjub dan terkagum-kagum.

foto : @amahoru_zietra

Ada sekitar 3 level tebing di air terjun ini yakni level paling bawah yaitu saat kita pertama dilokasi Air terjun Lumoli. Level kedua adalah naik sedikit kearah hulu sungai yang posisinya lebih tinggi lagi. Dari level dua ini kita bisa melihat batu yang begitu besar dan menjadi latar air terjun di level ketiga. Level ketiga adalah tingkat yang paling tinggi namun curahan air terjunya tak terlalu deras dan besar seperti dilevel 1 dan dua.

foto : @tyapalisoa92

Air terjun Lumoli memiliki kejernihan air yang bisa langsung kita minum. Kesegaran dan kesejukan udara disekitar Air terjun Lumoli membuat setiap pengunjung yang datang tak akan pernah bosan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *