Air Terjun

Pesona Kedung Pedut, Kulon Progo

Wisata di Jogja itu tidak melulu soal Candi Borobudur, Pantai Indrayanti ataupun Wisata Kalibiru. Sesekali cobalah main ke Kulon Progo, disana terdapat surga tersembunyi bernama Kedung Pedut. Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang kini sedang hits dikalangan pecinta alam. selain panorama yang indah, air terjun kedung pedut memang berada di tengah alam yang masih asri, selain itu, Air Terjun Kedung Pedut memiliki keunikan tersendiri yaitu air yang memiliki dua warna putih jernih dan hijau tosca.

kedung-pedut1

Nama Air Terjun Kedung Pedut ini berasal dari salah satu kolam dengan ukuran paling besar yang berada di lokasi ini. Selain kedung besar ini juga masih ada kedung kecil-kecil lainya yang mana sumber air tersebut semua berasal dari air terjun itu sendiri. Namun untuk kamu yang hobi berenang bisa berada di kedung yang besar karena yang kecil-kecil biasanya hanya digunakan untuk berfoto-foto saja. Untuk dapat dengan nyaman menikmati suasana alam, disini sudah disediakan fasilitas seperti kursi-kursi, gardu pandang, jembatan, serta pancuran yang unik karena semua terbuat dari bambu.
kedung

Keunikan Air Terjun Kedung Pedut yang paling menonjol dan banyak dibicarakan wisatawan adalah tentang airnya yang memiliki dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca. Hal tersebut dikarenakan warna putih jernih berasal dari kejernihan air yang mengalir dan warna hijau tosca berasal dari pengaruh bebatuan di dasar sungai, sehingga dua warna tersebut berkolaborasi menciprakan sebuah keanggunan yang mempesona.

20151203044205

Air Terjun Kedung Pedut ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Anda bisa melewati jalur berikut ini: Jalan Godean – Pasar Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulya – Pasar Jonggrangan – Pertigaan Gua Kiskendo belok kiri – Pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – Pertigaan Kembang Soka belok kiri – iku plang / papan petunjuk hingga ke lokasi.

Untuk tiket masuk wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo adalah Rp 3.000,-/Orang, sedang biaya parkin untuk motor Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-. Setelah dari lokasi parkir, kamu harus trekking dengan waktu tempuh hingga 15-20 menit, barulah kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Kedung Pedut.

wisata-alam-kedung-pedut-kulon-progo-by-@vionnyves

foto vionnyves

Selain menikmati alam dengan duduk sambil bersantai di bambu-bambu yang dibuat oleh pokdarwis, kamu bisa melakukan aktifitas renang sambil menikmati segarnya air kolam alami dengan warna biru kehijauan ini. Ohya, kamu juga dapat menikmati keindahan alam Air Terjun Kedung Pedut dari menara pandang yang ada di ketinggian.

Dengan keindahan alam yang asri dan alami di Kedung Pedut, membuat kamu betah untuk berlama-lama disini. Jadi gak usah bingung kalau ke Jogja, karna kamu ga akan kebingungan untuk mencari tempat wisata seru dan antimainstream!

 

Tags

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *