Air Terjun

Menikmati Ketenangan Di Curug Si Bedil Pemalang

Gemercik air dari ketinggian selalu saja memberikan pesona yang berbeda pagi setiap penikmat keindahan. beberapa curug atau air terjun terkadang mampu membuat sang penjelajah alam merasakan hal-hal yang tak biasa ia rasakan, ketenangan, ketentraman dan kedamaian saat di suguhkan Ciptaan Allah yang maha Indahnya. Begitupun Curug yang satu ini. kesunyian alam sekitarnya mampu memberikan ketenangan batinku. Curug Sibedil namanya. Curug yang terletak di Dukuh Karang Bulu desa Sima kecamatan Pemalang jawa tengah.

curug sibendil

Untuk merasakan Kedamaian di tengah guyuran air terjun sibedil tidaklah sulit, karena lokasi yang mudah di jumpai. Ada beberapa cara untuk  dapat menikmati pesona curug Sibedil

Dari arah tegal-Pekalongan-Pemalang ( Utara )

Dari terminal Induk Pemalang naik bus ¾ jurusan Moga turun di terminal Moga kemudian di lanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan jurusan Moga-Mandiraja turun di dukuh Karangbulu, desa Sima,tepatnya di SD Negeri 5 Sima.  di tepi jalan sudah terpampang jelas Banner besar yang mengarahkan ke Curug Sibedil. Dari jalan besar kita berjalan sekitar 300 meter kemudian ada plang yang mengarahkan ke curug sibedil. Atau bertanyalah kepada warga. Warga di sini siap untuk mengantarkan ke Curug tersebut.

Dari arah Purwokerti, Purbalingga, Belik (tenggara )

Dari purwokerto turun di terminal randudongkal di teruskan dengan naik bus/angkutan kea rah moga kemudian dilanjutkan sesuai poin 1

Dari arah slawi, Lebaksiu,Bumiayu,bojong ( Selatan )

Naik mobil jurusan simper di lanjutkan naik angkutan jurusan moga kemudian di lanjutkan menaikan angkutan desa jurusan moga – Mandiraja dan di lanjutrkan poin 1

curug sibendil 2

Bila menggunakan Motor setelah memasuki desa Sima kita lanjutkan ke Dukuh Karangbulu. tak ada tempat parkir dan retribusi pembelian tiket, parkir bisa di lakukan di samping Mushola atau di depan rumah warga, tentunya dengan meminta ijin terlebih dahulu. dari sinilah treking di mulai. treking tak terlalu berat hanya menyususri jalan setapak beberapa menit sampai di tepian sungai. perjalanan kami lanjutkan, hanya beberapa menit saja kami sudah mendengar gemercik air terjun. Langkah kami tak berhenti, kami segera menyusuri jalann yang menurun, waw… Indahnya Curug sudah kami lihat di balik pepohonan bambu.

curug sibendil 3

Sungguh besar keagungan Allah SWT yang telah menciptakan keindahan yang dapat menyejukan hati ini. Sayapun berhenti dan terdiam memandang lekat pesona curug sibedil. Deretan air terjun yang mempesona ujarku dalam hati. Tiga air terjun yang indah  bermuara di satu tempat. Walau air terjun ini tingginya tak melebihi 30 meter keindahan patut di acungi jempol.

Rintikan dan tetesan air yang menghiasi di setiap tepian curug menjadi penghias curug yang berada tak jauh dari perkampungan warga ini. Sungguh beruntung warga dukuh Karangbulu mempunyai curug Sibedil yang mempesona ini. Mereka dengan mudah menghilangkan penat dan mencari Ketenangan dengan memandang dan merasakan ketenangan curug Sibedil.  Entah dari mana nama curug itu di ambil, konon dari adanya bebatuan yang menyerupai senapan ( bedil dalam bahasa jawa ).

Sumber : http://jalantraveller.blogspot.com/2015/12/curug-sibedil-pemalang.html

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *