Goa

Pesona Goa Gong, Goa Terindah se Asia Tenggara

Kota Pacitan selain memiliki deretan pantai yang indah, juga memiliki begitu banyak Goa yang terkenal. Karena itulah kota ini dikenal sebagai Kota 1001 Goa. Salah satu Goa yang terkenal dengan keindahannya adalah Goa Gong. Goa ini terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung. Dari pusat Kota Pacitan berjarak kurang lebih sekitar 37 kilometer.

DSC_0968

Goa Gong mendapatkan predikat sebagai Goa Terindah se Asia Tenggara. Goa ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona. Stalagtit dan stalagmitnya yang beraneka bentuk membuat sebuah panorama yang indah. Ditambah dengan pencahayaan di setiap sudut Goa yang membuat stalagtit dan stalagmit tersebut menjadi berwarna warni. Pada saat masuk ke dalam Goa ini nantinya kita akan berkeliling dengan menyusuri anak tangga. Tak perlu takut akan gelap, karena sudah ada penerangan yang cukup di dalam Goa. Namun, tetap hati-hati pada saat berjalan karena kondisi anak tangga yang licin terkena tetesan air dari bebatuan di atas Goa.

goa gong pacitan

Berbagai bentuk pemandangan dari stalagtit dan stalagmit yang berwarna-warni memanjakan perjalanan kita saat menyusuri Goa ini. Pada setiap perjalanan menyusuri Goa, kita akan mendapati tetesan air dari atas Goa yang mengalir dari sela-sela bebatuan. Agak panas memang saat berada di dalam Goa. Namun semua terbayarkan dengan pemandangan di dalamnya. Di dalam Goa terdapat sebuah batu yang jika dipukul maka batu tersebut akan mengeluarkan bunyi yang bergema seperti bunyi Gong (alat musik tradisional Jawa). Oleh karena adanya fenomena inilah, maka Goa ini dinamakan dengan Goa Gong.

goa gong

PhotoGrid_1470619682029

Keindahan stalagtit dan stalagmit di Goa ini yang semakin mempesona ditambah dengan warna-warni dari lampunya. Dan juga bunyi Gong yang ada disalah satu batu di dalam Goa, menjadi ciri khas dari Goa ini. Untuk masuk ke lokasi ini kita cukup dengan membayar 5 ribu rupiah saja. Sebelum ke pintu masuk utama Goa, kita akan melewati jembatan dengan pemandangan bukit yang hijau. Di luar pintu masuk juga ada penyewaan lampu senter jika kita ingin menyewa. Keluar Goa kita juga akan menjumpai berbagai macam toko souvenir dan juga makanan khasdari kota Pacitan. Kaos berslogan “Gong Cave” juga banyak dijual sana.

go agong pacitan jawa timur

Bersama dengan rombongan dari Backpacker Jakarta beberapa Bulan lalu saya menjelajahi dan merasakan sendiri keindahan Goa yang terkenal se Asia Tenggara ini.

Edito : Dimas

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *