Alam & TamanEditor PicksGoa

Menyelami Kolam Alam Gua Kristal

Setelah menelusuri ketinggian dan pantai-pantai cantik di artikel sebelumnya, Explore Kupang kali ini akan mengulik surga di balik kegelapan gua. Gua yang disebut warga sekitar masih angker ini ternyata menyimpan keindahan yang akan membuat kalian terpukau. Yuk kita simak!

Berkendara 45 menit dari pusat kota Kupang atau dengan jauh sekitar 13 km, kalian akan tiba di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Desa yang tak berada jauh dari Pelabuhan Bolok, yakni pelabuhan penyeberangan ke berbagai pulau di wilayah Provinsi NTT ini ternyata memiliki surga di perut bumi yang sungguh masih asri.

Gua Kristal, dinamakan demikian karena kalian akan takjub dengan kemilau airnya yang jernih bak kristal. Mencapai Gua Kristal dari Kota Kupang cukup mudah, kalian tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Pelabuhan Bolok. Sesampainya di pertigaan, ambillah jalan lurus ke arah Kantor Polisi Perairan (Polair) Bolok yang jaraknya sekitar 1 km dari Pelabuhan Bolok.

Untuk menuju gua ini memang kalian tidak akan menemukan petunjuk jalan apapun. So, jangan sampai tersesat dan jangan malu untuk bertanya kepada warga sekitar. Kalian bisa memarkirkan kendaraan tidak jauh dari Polair, dan tinggal menempuh jarak 100 m. Jalan setapak menuju goa didominasi tanah, batuan dan pepohonan yang gersang. Setelah berjalan kaki sekitar 5 menit, kalian akan menemukan mulut goa yang cukup lebar dan dihuni banyak kelelawar.

goa kristal kupang

 “Pemandangan Stalaktit akan menyambut kalian ketika memasuki gua.”

Merayaplah pelan-pelan karena bebatuan gua cukup licin. Jalur mendatar (horizontal) akan mendominasi di awal penelusuran. Tetapi hati-hatilah karena setelahnya jalur gua berubah menjadi menurun terjal. Dari titik sana, sudah terlihat beningnya air kolam.

 

goa kristal kupang 2

“Beningnya air kolam gua kristal meskipun di dominasi kegelapan.”

Efek indah berkat cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam gua, membuat air di kolam terlihat seperti kemilauan kristal. Warna biru yang tak kalah memukau membuat siapapun rasanya ingin langsung menceburkan diri ke dalamnya. Surga banget untuk yang sudah ahli free diving! :D

goa kristal kupang 3

“Asyiknya mereka yang berenang sampai free diving di Gua Kristal.”

Danau yang memiliki air yang sejuk ini ternyata berasa sedikit asin karena tidak jauh dari sini terdapat pantai. Inilah pertemuan dua mata air yang menyembul di dalam gua. Air di dalam gua ini sangat dalam dan seperti tak memiliki dasar.

Tertarik mencoba sensasi menyelam di dalam gua cantik ini? :D

Sources: edyraguapo.blogspot.in, phinemo.com.

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *