BlogPantai

Buyutan, Pantai Eksotis Dan Menawan di Pacitan

Pacitan, Kabupaten kecil di ujung barat Pesisir Selatan Jawa Timur ini memang dianugerahi pantai-pantai yang menawan, bahkan ada yang berani menyebut sebagai salah satu surganya pantai di Indonesia. Di antara pantai tersebut, salah satunya adalah Pantai Buyutan. Pantai Buyutan merupakan salah satu dari deretan pantai yang berada di Desa Widoro Kecamatan Donoarjo, Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini masih sangat alami dan bersih, dan pada saat saya berkunjung ke sini hanya sedikit wisatawan yang berkunjung.

Pantai Buyutan, view dari atas tebing, yang dulu cuma bisa liat di internet
Pantai Buyutan, view dari atas tebing, yang dulu cuma bisa liat di internet

Untuk menuju pantai ini pun tidak sulit, karena berada satu rute dengan obyek wisata yang terkenal, yaitu Pantai Banyu Tibo, Klayar dan Goa Gong. Rute yang bisa ditempuh menuju pantai ini dimulai dari pertigaan Goa Gong. Dari pertigaan tersebut ambil jalan lurus ke arah kalak atau Pantai Klayar. Setelah sampai dipasar Kalak ada pertigaan, ambil arah kanan. Setelah itu nanti ada petunjuk berupa papan nama menuju Pantai Buyutan dan ikuti petunjuknya.

Ombak yang menerjang batu karang
Ombak yang menerjang batu karang

Melalui jalan yang cukup ekstrim, dengan melewati jalan aspal, jalan setapak, jalan rusak, jalan yang baru di cor, kita akan merasakan sensasi tersendiri dalam berkendara. Ditambah lagi, kita disuguhi oleh pemandangan hamparan sawah yang hijau lengkap dengan pematang sawah serta perumahan penduduk setempat. Keindahan alam ini bisa menyegarkan mata sekaligus melepaskan rasa lelah.

aIMG_7473[1]

Pemandangan Pantai Buyutan ini sangat menawan. Spot yang pertama kita temukan adalah dinding tebing yang tinggi sehingga pada saat kita akan menuruni tebing, kita bisa melihat utuh pantai dari kejauhan dengan gemuruh ombaknya yang memukau dan menghipnotis mata kita. Cocok untuk menjadi background foto selfie kita. Bagi pecinta fotografi, lukisan alam yang menawan ini akan sangat sempurna saat dijadikan background atau foto landscape. Pantai yang tergolong bersih dan memiliki hamparan pasir putih ini memiliki terumbu karang besar yang menyerupai bongkahan batu (tugu) yang menjulang tinggi tepi pantai sebelah barat. Batu karang ini terkenal dengan nama batu Dewa Narada.

WP_20150724_14_16_09_Pro

Di tengah lautnya pun terdapat hamparan karang yang luas. Selain itu, pantai ini juga memiliki lapangan pasir yang cukup luas yang bisa digunakan wisatawan untuk berkemah. Banyaknya pepohonan pandan yang rindang serta hijaunya bukit yang mengelilingi pantai ini sangat menyejukkan mata

pantai buyutan

Di dekat lokasi ini juga terdapat air tawar yang bisa digunakan untuk memasak dan mandi. Di pantai ini kita tak perlu khawatir bila kehabisan bekal makanan dan minuman. Sekarang sudah terdapat warung-warung yang berjejer. Fasilitasnya sudah cukup lengkap dengan tersedianya Mushollah dan kebutuhan mck.

Disisi lain, pantai ini menyimpan keindahan tersendiri pada saat matahari tenggelam. Pada Saat senja, melihat sunset dari atas tebing pantai ini dengan hamparan pasir putih dan batu karang membuat pantai ini semakin cantik dan menawan. Sungguh menyesal ketika kita berkunjung ke Pacitan tapi belum singgah di pantai yang masih dekat dengan Banyu Tibo.

So, siapkan ransel, sambut minggu ceria, saatnya ngetrip!

 

 

 

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *