Gunung

Pesona Blue Fire – Jawa Timur

Halo para sobat traveller!

Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama Api Biru yang biasa disebut dengan Fenomena Blue Fire yang terletak di Gunung Ijen, perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Blue Fire sendiri berada di Gunung Ijen yang merupakan sebuah gunung berapi aktif yang ada di ketinggian 2.443 mdpl dan fenomena hanya di berada di 2 yakni di Jawa Timur dan Islandia,

Gunung Ijen ini lebih sering disebut dengan Kawah Ijen. Kenapa ? Karena di puncak Gunung Ijen terdapat sebuah kawah yang bersifat asam dengan kedalaman sebesar 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar serta memiliki suhu air kurang lebih 200 derajat celcius. Oh iya, Gunung Ijen sendiri sudah meletus sampai 4 kali yaitu pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936.

2dbf521623afb367648f6a494799b4b7

Untuk melihat langsung fenomena Blue Fire,kalian harus mendaki pada dini hari sekitar jam 01.00 malam dan sampai disana gerbang blue fire sebelum matahari terbit. Lama perjalanan untuk naik dibutuhkan waktu kurang lebih 1.5 sampai 2 jam tergantung kekuatan masing masing wisatawan di temani dengan suhu udara yang dingin mencapai 10 derajad celcius, bahkan bisa mencapai 2 derajad celcius. Jam terbaik untuk melihat moment blue fire adalah dari Jam 02.00 sampai jam 04.00 pagi.

_DSC1065

Sebelum kalian turun melihat langsung fenomena blue fire dari dekat, biasa nya terdapat beberapa penduduk yang menjual masker penutup hidung yang ditarifkan Rp 25.000,- / orang karena aroma belerang semakin menyengat atau membawa masker sendiri. Dan sepanjang turun kembali menuju basecamp, kalian bisa ditemani dengan sunrise yang sempurna dan pemandangan gunung lain seperti puncak Gunung Merapi dan Gunung Raung dari kejauhan.

Nah, panasarankan ingin melihat langsung fenomena blue fire nya ? jangan lupa untuk membawa jaket tebal, senter serta sarung tangan, dan yang paling penting adalah kamera untuk mengabadikan moment yang tak terlupakan ini.

Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *