PantaiPulau

Keindahan Pulau Diyonumo, Gorontalo

Provinsi Gorontalo tidak hanya dikenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera, namun juga dengan deretan obyek wisata dengan pemandangan alam indah yang menanti untuk disinggahi. Di Kabupaten Gorontalo Utara yang merupakan wilayah kabupaten termuda di Provinsi Gorontalo, terdapat satu pulau kecil tak berpenghuni yang masih jarang dikunjungi. Pulau ini menyimpan keindahan yang tak kalah cantik dengan wisata lain di Gorontalo.

foto : @yusni_mustafa

Pulau yang terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo ini bernama Pulau Diyonumo. Nama pulaunya mungkin masih sedikit asing di telinga para wisatawan bahkan di telinga warga Gorontalo sekalipun, karena pulau ini terbilang masih perawan dengan belum adanya fasilitas wisata yang biasa ditemukan di tempat-tempat wisata lainnya.

Aktivitas yang bisa kalian lakukan di Pulau Diyonumo adalah memancing dan membakar ikan dan hewan laut untuk mengganjal perut. Jika tidak mau repot, tak jarang para nelayan mampir ke pulau ini, dan para pengunjung bisa membeli berbagai macam ikan atau cumi untuk dimasak.

foto : @sahidsubekti

Untuk akses nya jika dari pusat Kota Gorontalo, lokasi Pulau Diyonumo dapat ditempuh dalam waktu dua atau tiga jam perjalanan darat. Setelah menempuh waktu tersebut, kalian akan tiba di wilayah Kecamatan Sulamata. Dari sini pengunjung dapat meneruskan perjalanan hingga Desa Deme 2 yang menjadi tempat penyebrangan menuju Pulau Diyonumo.

Penyebrangan dilakukan menggunakan kapal kecil milik warga yang biasa dipakai untuk mencari ikan dan hanya menghabiskan waktu kurang dari 15 menit saja. Sesaat tiba cobalah untuk sedikit mendaki ke bagian bukitnya. Kalian akan tercengang dengan keindahan yang ditampilkan dari pulau yang tak berpenghuni ini, hamparan rumput tinggi seakan menyambut hangat siapapun yang datang ke pulau ini.

foto : @yusni_mustafa

Referensi by Indonesiakaya
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close