Editor PicksKuliner

BINTE BILUHUTA, MAKANAN KHAS GORONTALO

Binte Biluhuta (Milu Siram atau Sup Jagung) adalah makanan khas masyarakat Gorontalo. Dalam Bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram.

Sumber : indonesiana.co.id

Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Karena berbahan dasar jagung, makanan ini dapat menghancurkan kolesterol khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Sumber : lestariweb.com

Untuk menambah gurihnya menu Binte Biluhuta, maka di lengkapi dengan ikan cakalang atau ikan tuna yang sebelumnya di rebus secara terpisah dan di potong dagingnya kecil – kecil. Pengganti ikan dalam menu binte biluhuta ini biasanya udang, tapi mengingat udang berkolesterol tinggi, maka masyarakat gorontalo senang menggunakan ikan tuna atau cakalang rebus.

Sumber : indonesiakaya.com

Pada saat masakan disajikan, bumbu – bumbu pembuat rasa tersebut disajikan di wadah terpisah, yaitu cabe rawit penyebab rasa pedas, daun pepaya penyebab rasa pahit, dan jeruk nipis penyebab rasa asam. Kalau selera Anda ingin rasa pedas, tambahkan cabe rawit yang sudah ditumbuk kasar. Jika suka rasa pahit, iris daun pepaya tipis-tipis lalu campurkan ke dalam sup atau langsung di bikin lalapan. Jika ingin rasa asam, tambahkan perasan buah jeruk nipis (bukan dalam kemasan botol), sehingga anda akan merasakan kuahnya yang asam segar berpadu dengan krius-krius manis jagung dan harum kemangi.

Sumber : aneka-resep-masakan-online.blogspot.co.id

Makanan khas Gorontalo ini tidak berbau atau terasa amis, karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa asam, pahit atau pedas. Disarankan menyantap binte bilutuhe ini selagi masih panas.

 

Sumber teks :

http://www.gorontalofamily.org/makanan_khas/binte-biluhuta-milu-siram.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Binte_Biluhuta

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *