Gunung

Menapaki Gagahnya Binaiya. Gunung Tertinggi Di Maluku.

Selamat siang. Beralih dulu ke Gunung. Dan masih di Maluku. Jadi kali ini saya akan mengulas tentang Gunung tertinggi di Kepulauan Maluku. Gunung Binaiya namanya, Gunung ini memiliki ketinggian 3027 mdpl. Pasti kalian semua tidak akan menyangka kalau Maluku ternyata memiliki Gunung  yang tingkat ketinggiannya cukup ekstrem. Karena sebagian orang hanya mengetahui kondisi topografinya yang sebagian besar adalah lautan.

Sumber Foto : Google

By the way, Gunung Binaiya ini justru masuk kedalam jajaran Seven Summit Indonesia, lantaran merupakan gunung tertinggi di Maluku. Dan juga memiliki karakteristik berupa jalur pendakian yang esktrem dan trek yang sangat menantang. Bahkan bisa-bisa membuat pendaki mengalami down dan akhirnya memutuskan untuk turun gunung. Huaaaa..

Sumber Foto : exploregunung.net

Fyi nih guys, Gunung yang eksotis dan indah ini terletak di kepulauan Seram, Maluku. dan berada dalam kawasan Taman Nasional Manusela. Ohiya, Gunung Binaiya ini juga bukan merupakan Gunung Berapi, sehingga tidak terdapat spot yang berbau belerang.

Sumber Foto : Google

Tampilan dari gunung ini berupa seperti bongkahan batu karang raksasa yang berundak dan terlihat megah. Memiliki dua mata pedang yang menggoda hasrat para pendaki untuk mencapai puncaknya. Namun juga memberikan ketakutan luar biasa terutama bagi pendaki pemula lantaran treknya yang panjang dan sangat menguras waktu dan tenaga.

Sumber Foto : Google
Sumber Foto : Mapala Salawat Umpar

So, jika kamu berniat ingin kesana, kamu bisa melalui jalur yang resmi, yaitu menggunakan jalur pendakian dibagian utara lewat desa Kanike atau bagian selatan lewat desa Piliana. Dan bagi kamu yang berencana mendaki gunung Binaiya, maka cek lagi kondisi keuanganmu karena projek pendakian ke gunung Binaiya membutuhkan dana yang cukup menguras kantong. Dimana kamu harus melalui perjalanan dari Ambon menuju kaki gunung Binaiya, dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu ada aturan baru yang harus dipatuhi pendaki yaitu reservasi tamu, pemandu, penginapan dan pengangkutan barang yang semuanya disediakan oleh pemerintah Maluku.

Sumber Foto : Insang.blogger

Sebagai gambaran, untuk melewati jalur pendakian gunung Binaiya, kamu akan dihadapkan dengan trek super ekstrem. Kamu akan menemukan sungai selebar 6 meter, dan harus melaluinnya jika ingin mencapai pos selanjutnya. Lalu sepanjang jalur pendakian, hutan hujan tropis dengan cahaya matahari sangat minim akan menyertai para pendaki. Setelah itu kamu akan menemukan berbagai trek curam dan menanjak. Meskipun terdengar ‘ngeri’ namun apa yang akan ditemukan pendaki setelah mencapai puncak akan menjadi kepuasan tersendiri :)

Sumber Foto : Mapala Salawat Umpar

Naaaaah bagaimana, tertarikkah kamu untuk mendaki Gunung Binaiya yang eksotis ini ? Sampai jumpa di Gunung Binaiya.

Referensi : www.exploregunung.net
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *