GunungLiputan Trip

Pendakian Merbabu Lewat Jalur Selo

Beberapa waktu yang lalu Sabtu – Minggu 6-7 Agustus 2015 Komunitas Backpacker Jakarta melakukan pendakian kegunung Merbabu untuk yang kedua kalinya. Trip pendakian Merbabu diikuti lebih dari 30 peserta dimana ada 8 perempuan yang ikut serta dalam pendakian kali ini. Meski sempat diguyur hujan lebat namun alhamdulilah pendakian berjalan lancar.

merbabu selo 3

Sabana Merbabu dikala Pagi hari

Bahkan Ketika pagi hari kita sudah sudah disuguhkan pemandangan sabana yang terbentang luas berbukit-bukit yang bewarna hijau kuning.  Awan putih bergelombang mengitari perbukitan menambah decak kagum kita semua yang mendaki merbabu saat itu. Oh ya tak ketinggaln pemandangan lain yang tak kalah menakjubkan adalah bisa melihat kegagahan Gunung Merapi yang terbentang kokoh didepan gunung Merbabu.

merbabu 25

Pos 1 Merbabu jika melakukan pendakian via selo

Pendakian Merbabu part 2 masih sama dengan pendakian merbabu part 1 dulu yakni melalui jalur Selo Boyolali Jawa Tengah. Jika pendakian melalui jalur Selo maka kita akan melalui 3 pos dan 2 kawasan sabana. Pos pertama cukup jauh dan bisa memamkan waktu sekitar 1 jam lebih jika melakukan pendakian santai.

merbabu 26

Tracking Menuju Pos 2 atau Pos 3 akan menmui banyak tanjakan

Menuju Pos 2 Sedikit melewati beberapa tanjakan yang melelahkan namun jalur yang dilewati tidaklah sulit. Estimasi menuju pos 2 adalah sekitar 1 jam pendakian santai. Mengarah ke pos 3 kamu bisa sedikit bernafas lega karena disini biasanya pendaki mulai mendirikan tenda mengingat persiapan menuju sabana 1 jalurnya sangat menanjak. Dari pos 3 juga kamu sudah bisa melihat kegagahan merapi dari dekat dan sabana disekitar pos 3 yang berbukit-bukit.

pos 3 merbabu

Tracking menuju Pos 3 Merbabu

Menuju Sabana 1 kamu akan melewati tanjakan yang ekstreem hampir dengan kemiringan 75 derajat. Siapkanlah webing jika dibutuhkan karena jika gerimis jalurnya cukup licin. Butuh waktu 1 jam lebih melwati tanjakan ini namun kamu gak perlu khawatir mengingat sabana 1 menjadi pilihan para pendaki untuk mendirikan tenda. Dari sabana 1 kamu sudah bisa menikmati lautan awan yang terbentang luas bersama hijaunya sabana yang ada disekitarnya terutama jika kamu turun sedikit ke sabana 2 kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari kasawan sabana 2.

savana 1 merbabu

Sabana 1 dilihat dari sabana 2

Dari sabana 1 menuju sabana 2 sendiri dibutuhkan sekitar 1 jam pendakian karena kita akan menemukan 1 tanjakan yang cukup tajam juga, sama halnya dengan tanjakan dari pos 3 menuju sabana 1. Sabana 2 adalah kawasan camping area ditengah perbukitan yang dijadikan pilihan terakhir untuk mendirikan tenda oleh para pendaki sebelum melakukan summit pagi hari. Sabana 2 memang indah mengingat kamu akan melihat kawasan edelwise dan sabana yang hijau dihampir semua sudut. Bahkan dari sini sudah terlihat puncak merbabu maupun traking yang harus dilalui oleh pendaki.

savana 2 merbabu

Pos Sabana 2 Merbabu

Umumnya pendaki melakukan summit adalah pada subuh dinihari dimulai pukul 03.00 – 05.00 pagi. Cukup ekstreem tanjakan yang harus dilewati untuk sampai kepuncak Klenteng Songo atau Triangulasi mengingat ada 2 kali tanjakan yang tinggi dan licin yang harus ditempuh. Butuh aktu sekitar 1.5-2 jam pendakian untuk sampai dipuncak merbabu dengan ketinggian 3142 Mdpl.

gunu merbabu 4

Puncak Triangulasi Merbabu

Jika di estimasi total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian kegunung merbabu adalah sekitar 5-6 jam pendakian. Perlu diingatkan sekali lagi jika digunung merbabu via selo tidak ada sumber mata air sama sekali. Untuk itulah perlu banyak membawa air dari basecamp dan perbekalan yang cukup selama pendakian.

 

Gallery Lainya

gunu merbabu 10

gunu merbabu 5

gunu merbabu 2

emye

gunu merbabu 6

gunu merbabu 7

gunu merbabu 9

foto : all dok peserta trip merbabu 2

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *