City Tour & Landmark

Patung Jalesveva Jayamahe, Patung Tertinggi di Surabaya

Patung Jalesveva Jayamahe adalah sebuah patung atau sebuah monumen yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Patung Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti “di lautan kita jaya”. Patung Jalesveva Jayamahe memakan waktu pembangunan hampir 6 tahun lamanya namun hasilnya luar biasa karena bisa berdiri kokoh setinggi 30,6 meter tepat didepan laut Surabaya.

foto : intaninchan.wordpress.com

Patung Jalesveva Jayamahe didirikan dengan bentuk yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut berbusana Pakaian Dinas Upacara (PDU) lengkap dengan pedang kehormatan yang sedang menerawang ke arah laut, serasa siap menantang gelombang dan badai di lautan, begitu pula yang ingin di perlihatkan bahwa angkatan laut Indonesia siap berjaya.

foto : Greensand’s Weblog
foto : wisatajatim.info

Patung Jalesveva Jayamahe ini tak hanya sekedar patung saja, tetapi juga merupakan Museum kebanggaan tentara Angkatan Laut Indonesia. Tapi buat berkunjung kemuseum ini kita perlu izin khusus. Nah didalam museum ini ita bisa melihat banyak sekali barang-barang yang dipamerkan seperti miniatur dan model-model kapal yang pernah digunaan oleh TNI dan berjaya dimasanya.

foto : wisatajatim.info

Oh ya, disamping Patung Perwira TNI, ada sebuah gong berukuran cukup besar yang diberi nama Gong Kiai tentrem. Gong ini memiliki berat 2.2 ton dan terbuat dari logam kuningan berlapiskan anti karat dengan ketebalan 6 mm dengan diameter mencapai 5 meter.

foto : TripTrus
foto : jpgmag.com

Patung Jalesveva Jayamahe ini dibangun pada tahun 1993 oleh Pemimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Maritim Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan Laksamana TNI Muhamad Arifin dan dirancang oleh I Nyoman Nuarta. Oh ya selain dijadikan Mnumen dan Museum, Patung Jalesveva Jayamahe juga dijadikan sebagai mercusuar bagi kapal-kapal yang ada di laut sekitarnya.

foto : wisatajatim.info
foto : blogger

Patung Jalesveva Jayamahe dibuka setiap hari Senin hingga Jum’at mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 03.00 sore. Biasanya pada hari tertentu seperti peringatan Hari Armada Indonesia, Monumen Jalasveva Jayamahe akan melakukan open house alias dibuka untuk umum dan tidak perlu melakukan ijin kepada petugas sebagaimana hari biasanya.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *