Pantai

Pantai Nguyahan, Pantai Bersejarah di Yogyakarta

Selain terkenal dengan budaya dan seninya yang tinggi, Yogyakarta juga tak pernah kehabisan soal wisata baru yang mencuri perhatian. Sebagai salah satu pelopor wisata kekinian, Yogyakarta juga dianugrahi alam yang begitu indah dan beragam. Salah satunya adalah Pantai Nguyahan yang ada di Kanigoro, Sapto Sari, kabupaten Gunung Kidul provinsi Yogyakarta.

foto : @wantoro_47

Pantai Nguyahan memiliki pasir putih yang sangat bersih dan diapit oleh beberapa perbukitan hijau dan bebatuan karang laut. Hamparan lautan lepas yang bewarna biru menambah kesan alami dan menawan pada Pantai Nguyahan. Pantainya yang cukup luas menjadikan Pantai Nguyahan disukai para traveller baik dari Yogya maupun dari daerah lainya yang datang ke Pantai Nguyahan.

foto : @zezen_arifin

Pantai Nguyahan sendiri memiliki sejarah dimana dahulu sejak jaman Belanda terkenal dengan pembuatan garam secara tradisional. Pihak Belanda memungut upeti dari penduduk yang membuat garam disini. Garam dalam bahasa penduduk setempat diartikan sebagai Unyah sehingga kini namanya disebut Pantai Nguyahan.

foto : @pantai_nguyahan

Suasana di Pantai Nguyahan masih terbilang sangat sepi. Mungkin karena lokasinya yang tersembunyi diapit pegunungan dan perbukitan disekitarnya. Fasilitas yang sudah ada di Pantai Nguyahan ini cukup lengkap seperti sudah tersedia gazebo untuk bersantai, warung penjual makanan, toilet dan kamar mandi yang bersih. Biasanya bila akhir pekan banyak anak muda yang juga camping ditempat ini mengingat pantai ini cukup luas dan sangat cocok untuk camping.

foto : @wahyu_soon
foto : @maz_vie

Rute menuju Pantai Nguyahan bisa ditempuh dari kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Gading (lapangan udara) – lalu Belok kanan – Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro sampai tiba di Pantai nguyahan. Sementara Rute kedua bisa melalui kabupaten Bantul menuju Parangtritis – Panggang – Saptosari – Pasar Trowono – Kanigoro – hingga tiba di Pantai nguyahan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close