BlogCity Tour & Landmark

Kota Kuala Kencana, Kota paling rapi di Indonesia

Sebuah kota kecil dan modern muncul diatara hijaunya hutan belantara dikawasan kabupaten Mimika. Namanya adalah Kota Kuala Kencana. Kota ini disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang menggunakan utilitas bawah tanah untuk saluran kabel listrik dan komunikasi.Tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat di lingkungan ini karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah.

foto : @adi_dharma

Tidak hanya itu Kota Kuala Kencana juga memiliki sistem distribusi air terpusat, dan pengelolaan limbah terpadu. Mereka memiliki water treatment plant mandiri dengan standar air bersih yang tinggi sehingga air kran (tap water) yang ada di rumah-rumah sudah aman untuk langsung diminum (potable). Kota Kuala Kencana juga memiliki jumlah penduduk yang tak terlalu banyak sehingga mempermudah pengawasan dan aktivitas warganya.

foto : @adi_dharma_

Kota Kuala Kencana diresmikan pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Kota Kuala Kencana dikelola oleh P.T Freeport di Indonesia, tak heran bila segudang fasilitas dan keamanan menjadi prioritas bagi warganya . Secara administratif Kota Kuala Kencana termasuk distrik di Kabupaten Mimika, dengan ibukotanya Timika.

foto : @gilbertrumboirusi
foto : @nando_gande32

Kota Kuala Kencana berada di dataran rendah (lowland) bagian tengah-Selatan Papua setelah distrik Tembagapura di dataran tinggi (highland) yang dekat dengan Tambang Grasberg. Kuala Kencana juga dekat dengan Bandara Internasional Mozes Kilangin dan Pelabuhan Amamapare sebagai jalur distribusi barang tambangnya.

 

Refrensi : wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close