Home / Blog / Alam & Taman / Keheningan Danau Paniai, Papua

Keheningan Danau Paniai, Papua

Papua merupakan wilayah Indonesia bagian Timur, yang selalu memanjakan mata kita untuk mengunjungi wisata-wisatanya yang ada di provinsi Papua salah satunya Danau Paniai, ternyata Danau ini dinyatakan olh 157 Negara-negara pemilik danau di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.

Foto : humas.paniai.go.id
humas.paniai.go.id

Danau Paniai terletak di Paniai Timur, Kabupaten Paniai Papua yang berada pada posisi pegunungan tengah di pedalaman Provinsi Papua. Danau terletak pada ketinggian 7.500 meter diatas permukaan laut dan mempunyai luas sekitar 14.500 Ha. Dulu danau ini dikenal dengan nama Wissel Meeren. Dinamakan Wissel Meeren dikarenakan seorang pilot berasal dari Belanda menemukan danau yang indah ini pada tahun 1938.

Foto

Foto : humas.paniai.go.id

Kalian bisa menemukan beberapa aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ikan nila, ikan mujair, ikan mas/ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Dan uniknya lagi yang kalian bisa temukan di Danau Paniai, ada jenis ikan pelangi yang merupakan ikan hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi, jika kalian beruntung bisa menemukan udang endemik Papua dimana udang tersebut sudah mulai langka atau dikenal dengan udang selingkuh (cherax albertisii)

Ikan Pelangi

Foto : mahasiswakembalibercerita.blogspot.co.id

Untuk menuju lokasi Danau Paniai, kalian harus memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur untuk menuju kawasan wisata Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat jenis Cessna yang bisa medarat di wilayah tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Sumber teks :  biasputih.com

About RARA.diandra

Check Also

Pemandian Air Panas Sibanggor, Mandailing Natal

Mandailing Natal memiliki wisata geo yang cukup menarik. Sebuah pemandian air panas yang mengandung belerang. …