Kuliner

OTAK-OTAK ASLI KHAS KEP. RIAU

Kuliner satu ini pasti udah sering banget kalian temuin dan kalian sering makan di Jakarta bahkan dimana mana juga banyak yang jualan Otak-Otak. Tapi, kalian belum tahu kan Otak-Otak itu makanan khas dari mana. Otak-Otak ngga cuma berasal dari Kep. Riau aja kok, ada yang berasal dari beberapa daerah.

Misalnya dari Gresik, Otak-Otak terbuat dari daging ikan bandeng yang dihilangkan durinya dan dihaluskan kemudian tubuh ikan dimasukkan ikan bandeng yang berbentuk kulit sebagai pembungkus daging. Sementara dari Makassar dan Bangka, Otak-Otak terbuat dari ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Sumber : Tribunnews.com

Proses pembakaran Otak-Otak dengan bara api. Tentunya berbeda dengan otak-otak dari tiga daerah diatas. Sebagai salah satu daerah penghasil sea food di Kepulauan Riau, tepatnya di Kota Tanjung pinang, maka berbagai jenis ikan atau sotong (biasa disebut cumi-cumi) yang digunakan sebagai bahan dasar Otak-Otak .

Dalam pembuatannya, ikan atau cumi digiling hingga halus dan dicampur dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu penyedap. Gilingan ikan atau cumi yang sudah dibumbui tersebut kemudian dicampur dengan santan kental serta telur dan diaduk hingga merata. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang masing-masing sisi ujungnya dijepit, bisa dengan lidi, atau bisa juga dengan menggunakan stapler. Adonan yang sudah dibungkus tersebut kemudian dibakar dengan menggunakan bara api hingga matang.

Sumber : kaskus.co.id

Ketika hendak memakannya, kalian akan merasakan aroma bumbu yang menyengat kuat setelah bungkusan daun kelapa dibuka. Karena tidak menggunakan tepung atau bahan tambahan sebagai campuran dalam adonan, maka aroma dan rasa khas ikan atau cumi dari otak-otak tersebut sangat terasa di lidah. Makan satu bungkus otak-otak tidak mungkin cukup, mengingat porsi yang disajikan pada tiap bungkus daun kelapanya memang sangat sedikit. Tak heran juga bila harga otak-otak Tanjungpinang ini sangat murah, yaitu Rp 500,/pcs untuk otak-otak berbahan dasar ikan, dan Rp 1000,-/pcs untuk otak-otak berbahan dasar cumi murni, ataupun campuran ikan dan cumi. Selain Otak-Otak yang dibakar, kalian juga bisa pesan untuk Otak-Otak yang digoreng Rp 2000,-/pcs. Harganya ngga jauh beda kan.

Sumber : http://witnifood.blogspot.co.id

Untuk menemukannya pun tidak lah sulit. Begitu menginjakkan kaki di kota Tanjung pinang, kita bisa langsung menemukan otak-otak tepat di pintu pelabuhan penyeberangan Sri Bintan. Selain itu, bisa juga kita temukan di jalan-jalan pelantar menuju pelabuhan-pelabuhan lainnya seperti pelabuhan Pelantar II. Atau di daerah penghasil otak-otak yang paling terkenal di Tanjungpinang yaitu daerah Kawal, kawasan pantai sekitaran pulau Bintan.

Sumber teks : https://www.kaskus.co.id/thread/53572a17ffca17d62e8b48f7/otak-otak-khas-kepulauan-riau/

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close