Alam & Taman

Tebing Di Lembah Harau – Payahkumbuh – Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki bentangan alam yang lengkap, hampir setiap jenis bentuk topografi ada disini, pantai, teluk, tanjung, dataran rendah, dataran tinggi semuanya ada begitu juga dengan lembah yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Mungkin sebagian dari kita hanya mengenal Bukittinggi dan Padang sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat. Atau Pulau Sikuai yang terkenal beberapa tahun belakangan ini berkat keindahan laut dan alam sekitarnya.

Jangan salah,

Sumatera Barat masih punya banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi lho. Salah satunya adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari kota Payakumbuh. Nama Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan wisatawan berkat panoramanya yang menawan.

Lembah Harau tepatnya berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Dari Kota Padang kita harus menempuh perjalanan sekitar 138 Km yang menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan dan jika dari Bukittinggi jaraknya hanya sekitar 47 Km. Akses menuju Lembah Harau juga cukup mudah karena kita tinggal ikuti saja Jalan Sumbar Riau, nantinya terdapat petunjuk jalan yang mengarahkan kita menuju Lembah Harau.

Setelah kita masuk ke Kawasan Lembah Harau, kita akan dibuat takjub melihat batu granit terjal berwarna – warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter yang mengelilingi kawasan ini, lebih indah lagi karena adanya area persawahan yang hijau membentang luas bak permadani.

Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Referensi : https://alampriangan.com/; http://jelajahsumbar.com/
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *